China Siapkan Misi Penjelajahan ke Planet Asing, Mencari Tempat yang Dapat Dihuni Seperti Bumi

Kamis, 02 Juni 2022 - 18:15 WIB
loading...
China Siapkan Misi Penjelajahan ke Planet Asing, Mencari Tempat yang Dapat Dihuni Seperti Bumi
China sedang menyiapkan misi penjelajahan ke planet asing untuk mencari tempat yang dapat dihuni seperti di Bumi. Foto/Space.com/PMO
A A A
BEIJING - China sedang menyiapkan misi penjelajahan ke planet asing untuk mencari tempat yang dapat dihuni seperti di Bumi. China merencanakan untuk meluncurkan pesawat ruang angkasa untuk melakukan pengukuran ultra-presisi tentang planet yang mengorbit di luar angkasa.

Untuk misi ini, disebut Closeby Habitable Exoplanet Survey (CHES), para ilmuwan akan menggunakan metode yang disebut astrometri relatif mikro-arcsecond. Metode ini akan memberikan perkiraan massa planet ekstrasurya dan jarak di mana mereka mengorbit bintangnya.

Pada gilirannya, dapat mengungkapkan apakah planet ekstrasurya ini memiliki potensi untuk menampung kehidupan. Teleskop ruang angkasa Gaia Badan Antariksa Eropa juga menggunakan metode yang sama untuk membuat peta 3D dari satu miliar bintang di Bima Sakti.



Misi pencarian planet lainnya, seperti Transiting Exoplanet Survey Satellite milik NASA, menggunakan teknik berbeda, yang disebut metode transit. Teknik ini mencari penurunan luminositas bintang saat planet melintasinya.

Misi CHES akan jauh lebih fokus daripada Gaia, menargetkan 100 bintang mirip matahari dalam jarak 10 parsec, atau 33 tahun cahaya, dari Bumi. Misi ini diharapkan akan mampu mendeteksi planet yang berpotensi mirip Bumi di zona layak huni di sekitar bintang tersebut.

Saat mensurvei pilihan bintang yang relatif sempit, CHES akan dapat mempelajari sistem eksoplanet tersebut secara komprehensif. Sampai hari ini, lebih dari 5.000 exoplanet telah ditemukan, termasuk sekitar 50 planet mirip Bumi di zona layak huni. Namun, kebanyakan berjarak ratusan tahun cahaya dari Bumi.



“Perburuan planet yang layak huni menjadi terobosan besar bagi umat manusia, dan juga akan membantu manusia memperluas ruang hidup di masa depan,” kata Ji Jianghui, profesor dari Observatorium Gunung Ungu di Akademi Ilmu Pengetahuan China (CAS) dan penyelidik utama misi CHES, kepada Space.com, Kamis (2/6/2022).

CHES akan melakukan pekerjaannya dari matahari-Bumi Lagrange Point 2, sekitar 1,5 juta kilometer dari Bumi. Lokasi itu menjad tempat Gaia, Spektr-RG dan Teleskop Luar Angkasa James Webb saat ini beroperasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1431 seconds (0.1#10.140)