4 Artefak Keagamaan Termahal di Dunia, Harganya Capai Miliaran!

Senin, 06 Juni 2022 - 13:54 WIB
loading...
4 Artefak Keagamaan Termahal di Dunia, Harganya Capai Miliaran!
Artefak merupakan benda peninggalan bersejarah yang ditemukan melalui penggalian arkeologi atau situs-situs sejarah. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Artefak merupakan benda peninggalan bersejarah yang ditemukan melalui penggalian arkeologi atau situs-situs sejarah. Dalam fungsinya, artefak ini bisa membantu peneliti dalam mengetahui dan memahami budaya orang zaman dahulu.

Salah satu bentuk artefak yang cukup banyak ditemui adalah artefak keagamaan . Karena pentingnya benda bersejarah ini, maka tak heran apabila artefak-artefak semacam ini memiliki nilai atau harga yang cukup tinggi.
Baca juga : Mengintip Koleksi Museum CIA, Penuh Benda Artefak Bersejarah

Dilansir dari Elements in Time , berikut beberapa artefak keagamaan termahal di dunia yang perlu diketahui :

1. Topeng Kematian Firaun Tutankhamun

Topeng kematian ini awalnya ditemukan oleh Howard Carter. Topeng ini didapatkan setelah penemuan makam Raja Tutankhamun pada tahun 1925.

Death Mask Firaun tersebut terbuat dari 11 kilogram emas padat dan tertanam dengan batu semi mulia. Selain itu, pada bagian dalam peti mati Firaun Tutankhamun ini juga terbuat dari emas padat, beratnya saja lebih dari 100 kilogram.

Untuk Topeng kematiannya ini bisa dilihat di Museum Mesir dan memiliki nilai sekitar $2,1 juta atau sekitar Rp 30,3 miliar.

2. Father, Take This Chalice Away from Me

Artefak keagamaan yang berikutnya ini memiliki nama yang cukup unik. Dibuat pada abad ke-16, artefak bernama ‘Ayah, Ambil Piala Ini dan Jauhkan Dariku’ merupakan karya renaisans yang memiliki tinggi 150 cm dan lebar 85 cm.

Asal mula penamaannya diambil dari bagian Lukas 22:42 yang mengatakan Yesus sedang tidur dan berdoa di Taman Getsemani pada malam sebelum penyalibannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1211 seconds (0.1#10.140)