Kecebong Alami Perubahan Penglihatan Radikal saat Berubah Jadi Kodok

Rabu, 29 Juni 2022 - 06:30 WIB
loading...
Kecebong Alami Perubahan Penglihatan Radikal saat Berubah Jadi Kodok
Mata yang dimiliki oleh kecebong tidak sama dengan mata yang ada saat bermetamorfosis jadi kodok. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Kecebong ternyata mengakmai perubahan penglihatan yang radikal saat bermetamorfosis jadi kodok. Mata yang ada di katak benar-benar sangat berubah dibandingkan mata yang ditemukan di kecebong.

Hal itu didapatkan dari penelitian bersama yang dilakukan York University, Smithsonian Institution, Cornell University, The Natural History Museum di London, Inggris, the California Academy of Sciences, dan the University of Texas. Dalam penelitian itu diketahui 42 persen gen yang ada di mata kecebong ternyata mengalami perubahan yang sangat besar ketika bermetamorfosis menjadi kodok.

Disebutkan Eureka Alert penelitian itu dilakukan dengan melakukan perbandingan kecebong kodok macan tutul dengan kodok macan tutul remaja. Perbandingan dilakukan dengan mengeksplorasi perubahan ekspresi gen di mata kedua objek tersebut.

Bzca juga : 3 Kota Metropolis di Dunia Ini Bakal Diterjang Tsunami Prediksi UNESCO

Kecebong Alami Perubahan Penglihatan Radikal saat Berubah Jadi Kodok


Selain itu juga dilakukan pengurutan RNA, yang memungkinkan mereka untuk melihat tingkat ekspresi gen, atau gen mana yang dihidupkan di mata. Mereka juga menggunakan mikrospektrofotometri untuk mengukur apakah sel fotoreseptor di mata lebih sensitif terhadap bagian spektrum cahaya yang lebih merah atau lebih biru pada tahap kehidupan yang berbeda.

Asisten Profesor Universitas York Ryan Schott, mengatakan melihat di bawah air tidak sama dengan melihat di darat. Kecebong menurutnya memiliki penglihatan yang sangat baik meski berada di dalam air. Hanya saja tidak diketahui apakah yang terjadi ketika kecebong menjadi kodok dan lebih banyak menghabiskan waktu di darat.

“Melihat di bawah air tidak sama dengan melihat di darat. Cahaya di bawah air dapat memiliki lebih banyak warna kemerahan, terutama di kolam tempat banyak kodok hidup, sedangkan cahaya di darat lebih biru. Jumlah cahaya juga berbeda di bawah air versus di darat," jelasnya.



Kecebong Alami Perubahan Penglihatan Radikal saat Berubah Jadi Kodok


Dia melanjutkan hewan yang melihat dengan baik di satu lingkungan kemungkinan tidak akan melihat dengan jelas di lingkungan lain. "Kami tertarik untuk mengetahui perubahan apa yang terjadi yang memungkinkan seekor hewan beralih dari melihat di bawah air menjadi melihat di darat, ” jelas Ryan Schott.

Ternyata seperti yang disebutkan di awal, mata yang dimiliki kecebong memang berubah drastis ketika jadi kodok dan tinggal lebih lama di darat. Mereka mendapati gen yang mengontrol fungsi dan perkembangan visual, termasuk sensitivitas spektral dan komposisi lensa, paling banyak berubah.

Dari situ mata kecebong buerbah dan beradaptasi untuk melihat lebih baik di lingkungan yang lebih terang saat mereka berubah menjadi kodok. Jauh lebih baik jika dibandingkan dengan lingkungan yang lebih terang dari habitat air tawar tempat mereka tinggal sebagai kecebong.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)