Penemuan Spesies Baru dari Bawah Es Alaska, Ikan Siput Ini Memiliki Badan Transparan

Kamis, 07 Juli 2022 - 21:19 WIB
Secara keseluruhan, hanya ada sedikit yang diketahui tentang ikan siput ini di laut dalam. Apalagi Snailfish adalah kelompok ikan yang sangat misterius dan beragam spesies yang menghuni berbagai lingkungan, mulai dari kolam pasang hingga palung terdalam di lautan.

“Tapi tidak banyak yang diketahui tentang ekologi spesies ikan siput yang lebih dalam. Meskipun para ilmuwan tahu bahwa mereka memangsa invertebrata kecil yang merangkak di sepanjang dasar laut,” tambah Friedman. Diperkirakan ada lebih dari 400 spesies ikan siput di seluruh dunia.

Tim juga menemukan sejumlah spesimen laut menarik lainnya selama perjalanan, termasuk laba-laba laut raksasa (yang sebenarnya bukan laba-laba sejati); anglerfish dengan gigi runcing besar dan duri bercahaya untuk memikat mangsa; dan ikan barreleye, yang dapat memutar matanya untuk mengintip melalui bagian atas kepalanya yang tembus pandang.

Namun, tujuan utama dari trawl ini bukan untuk menemukan spesies langka. Sebaliknya, survei dilakukan untuk menilai kesehatan ekosistem secara keseluruhan, terutama mengenai populasi spesies yang ditargetkan secara komersial.

“Penelitian ini penting untuk mengelola spesies ikan dan kepiting secara berkelanjutan yang mendukung perikanan komersial, rekreasi dan subsisten dan masyarakat pesisir Alaska,” pungkas Friedman.