Sadis, Makanan Favorit Megalodon Ternyata Bagian Wajah Paus Sperma

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:10 WIB
loading...
Sadis, Makanan Favorit Megalodon Ternyata Bagian Wajah Paus Sperma
Ilustrasi hiu raksasa Megalodon mengais bangkai besar Livyatan, paus sperma raksasa yang telah punah yang hidup sekitar 12 juta tahun yang lalu. Foto/Ilustrasi/Jaime Bran/LiveScience
A A A
ZURICH - Megalodon saat ini sudah punah, namun jejak keganasan raksasa laut ini masih ditemukan dari sejumlah fosil mangsanya yang tersisa. Megalodon dikenal sebagai pemburu yang kejam sekaligus sadis, karena makanan yang paling disukai adalah bagian wajah paus sperma yang kaya lemak.

Dari analisis fosil tengkorak paus sperma, para ilmuwan mengetahui bahwa makanan favorit megalodon hiu raksasa adalah paus sperma. Para ilmuwan mendapatkan fakta yang mengejutkan karena megalodon paling suka hidung paus sperma yang sangat berlemak.

Paus sperma, dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B: Biological Sciences, disebut sebagai predator bergigi terbesar yang hidup saat ini. Mereka dikenal karena kepalanya yang besar, dan sebagian besar ruang di dalamnya ditempati oleh organ hidung yang membesar yang digunakan paus untuk menghasilkan suara.



Dua struktur dalam jaringan hidung paus sperma, adalah melon dan spermaceti, kaya akan minyak dan lemak. Dan para ilmuwan menemukan bekas gigitan pada tengkorak paus Miosen sangat berhubungan dengan posisi struktur ini pada paus sperma modern.

“Banyak hiu menggunakan paus sperma ini sebagai gudang lemak. Dalam satu spesimen, saya pikir kita memiliki setidaknya lima atau enam spesies hiu semuanya menggigit bagian yang sama,” kata Aldo Benites-Palomino, kandidat doktor di Museum Paleontologi Universitas Zurich di Swiss kepada Live Science dikutip SINDOnews, Kamis (7/7/2022).

Ketika para ilmuwan di Peru mengintip serangkaian tengkorak milik paus sperma yang hidup selama bagian akhir zaman Miosen (23 juta hingga 5,3 juta tahun yang lalu), menemukan banyak bekas gigitan yang ditinggalkan oleh beberapa spesies hiu, termasuk megalodon raksasa. Termasuk juha Otodus megalodon dan hiu yang masih ada hingga saat ini, seperti hiu putih besar (Carcharodon carcharias) dan hiu mako (Isurus).



Dalam beberapa kasus, sejumlah spesies hiu memakan tengkorak seekor paus tunggal dalam serangkaian peristiwa penyerangan berturut-turut yang membuat tengkorak itu terluka oleh lebih dari selusin gigitan. Terlebih lagi, lokasi bekas gigitan menunjukkan bahwa hiu menargetkan dahi dan hidung paus, kemungkinan besar agar ikan pemangsa dapat memakan lemak dan minyak bergizi yang disimpan organ lemak.
Sadis, Makanan Favorit Megalodon Ternyata Bagian Wajah Paus Sperma


Dan setelah paus sperma Miosen banyak spesies hiu yang rakus, menunggu kesempatan untuk memakan wajah paus. Untuk penelitian ini, para ilmuwan menganalisis tengkorak paus sperma dalam koleksi Museum Sejarah Alam di Lima.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)