Ilmuwan Ungkap Rahasia Umur Panjang Raja dan Ratu Inggris

Jum'at, 09 September 2022 - 19:19 WIB
loading...
A A A
Menurut Olshansky, perbedaan umur yang cukup besar merupakan kombinasi pengaruh genetik, sosial, dan perilaku. Dalam pandangan sang ilmuwan, manusia tidak bisa hidup lama tanpa terlebih dahulu memiliki bawaan genetik saat lahir.

Untuk memaksimalkan peluang mencapai umur panjang di atas 85 tahun, seseorang harus cukup beruntung memiliki orang tua yang berumur panjang. Akan tetapi, itu bukan jaminan mutlak hidup lebih lama dari orang-orang yang sezaman.

Tantangan berikutnya adalah menghindari perilaku yang memperpendek umur. Sementara, jauh lebih mudah mempersingkat hidup daripada memperpanjangnya, dengan cara merokok, makan berlebihan, dan kurang olahraga.

Selanjutnya adalah pengaruh kondisi ekonomi dan hak istimewa. Dilahirkan atau hidup dalam kemiskinan telah terbukti menjadi salah satu faktor krusial yang memperpendek umur. Dari situlah bangsawan memiliki keuntungan terbesar.

"Perbedaan dalam durasi hidup pertama-tama ditentukan oleh genetika, tetapi kemudian sangat didukung pendidikan, pendapatan, perawatan kesehatan, air bersih, makanan, tempat tinggal, lingkungan kerja, dan status sosial ekonomi," tutur Olshansky.
(wbs)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)