Spesifikasi Pesawat Ruang Angkasa China, Shenzhou-13 yang Dikembangkan dari Teknologi Rusia

Jum'at, 16 September 2022 - 14:08 WIB
loading...
A A A


Spesifikasi Pesawat Ruang Angkasa China, Shenzhou-13 yang Dikembangkan dari Teknologi Rusia


Maklum Shenzhou-13 dibuat dengan didasarkan pada teknologi Soyuz milik Rusia. Jadi tidak heran jika desainnya mirip-mirip dengan Soyuz. Bedanya Shenzhou-13 memiliki ukuran yang lebih besar.

Di bagian depan pesawat ruang angkasa, terdapat modul orbital yang berisi cincin docking androgini berbasis teknologi APAS, yang digunakan untuk merapat ke modul inti Tianhe. Di tengah adalah modul reentry yang berisi kru yang merupakan versi yang ditingkatkan dari modul keturunan Soyuz. Bagian belakang pesawat ruang angkasa adalah modul layanan yang dilengkapi dengan mesin, tangki bahan bakar, dan panel surya.

Akademi Teknologi Luar Angkasa China mengembangkan teknologi baru di Shenzhou 13 untuk tujuan docking radial ke dasar Tianhe, yang membutuhkan pemeliharaan ketinggian terus menerus dan kontrol orbit.

Jenis dok ini berbeda dari dok depan dan belakang yang digunakan oleh misi Shenzhou 12 sebelumnya serta Tianzhou 2 dan 3, menciptakan rantai logistik infrastruktur ruang angkasa yang mencakup modul inti, berawak, dan pesawat ruang angkasa kargo.

MG/Nabilah Rofiqoh Duri
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6030 seconds (0.1#10.140)