5 Pesawat Masa Depan, Bertenaga Listrik hingga Hidrogen!

Rabu, 28 September 2022 - 20:38 WIB
loading...
5 Pesawat Masa Depan, Bertenaga Listrik hingga Hidrogen!
Pesawat masa depan dirancang untuk ramah lingkungan, sehingga memakai bahan bakar terbarukan seperti listrik dan hidrogen. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Moda transportasi terus mengalami perkembangan. Beberapa di antaranya bahkan disebut sebagai kendaraan masa depan karena memiliki teknologi canggih yang mungkin belum tersedia saat ini.

Nah, berikut adalah 5 pesawat masa depan yang menjanjikan:

1. ZEROe
5 Pesawat Masa Depan, Bertenaga Listrik hingga Hidrogen!

ZEROe merupakan pesawat masa depan rancangan Airbus. Pesawat komersial tanpa emisi ini direncanakan akan mengudara pada 2035. Melansir laman resmi Airbus, ZEROe akan dibantu penggerak hidrogen dalam mewujudkan mimpi pesawat masa depan tanpa emisi di masa yang akan datang.

Pesawat ini mengusung konsep hibrida-hidrogen dan ditopang oleh mesin turbin gas yang sudah dimodifikasi. Sementara itu, untuk bahan bakarnya memakai hidrogen cair yang akan mengalami proses pembakaran dengan oksigen.

Airbus menyebut, sel bahan bakar hidrogen dari pesawat ini nantinya akan menghasilkan tenaga listrik yang melengkapi turbin gas. Tenaga listrik ini menghasilkan sistem propulsi listrik hibrida dengan tingkat efisiensi tinggi. ZEROe mempunyai model berbeda, yakni turbofan, turboprop, dan tubuh sayap campuran.

ZEROe turbofan hadir dengan dua mesin turbofan yang akan memberikan daya dorong. Sistem penyimpanan dan distribusi hidrogen cairnya diletakkan di bagian belakang.

Sama seperti turbofan, pesawat ZEROe turboprop hibrida-hidrogen mempunyai mesin turboprop berjumlah dua unit. Mesin tersebut akan menggerakkan baling-baling berbilah 8 dan memberikan daya dorong.

Untuk ZEROe dengan tubuh dan sayap campuran atau blended-wing body, mempunyai tangki penyimpanan hidrogen cair di bawah sayap. Pesawat ini juga dilengkapi dengan dua turbofan hibrida-hidogen sebagai daya dorong. Terkait kapasitasnya, ZEROe turboprop mampu membawa penumpang kurang dari 100 orang.

Jumlah penumpang yang lebih banyak (kurang dari 200 orang) bisa diangkut dengan pesawat ZEROe turbofan dan blended-wing body.

2. Flying-V
5 Pesawat Masa Depan, Bertenaga Listrik hingga Hidrogen!

Flying-V merupakan kendaraan masa depan yang tercipta dari ide Justus Benad. Pemikiran tentang desain Flying-V ia dapatkan ketika tengah menjalani magang di Airbus, Hamburg. Benad saat itu juga masih berstatus sebagai mahasiswa TU Berlin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)