5 Pesawat Masa Depan, Bertenaga Listrik hingga Hidrogen!

Rabu, 28 September 2022 - 20:38 WIB
loading...
A A A
Dalam laman TU-Delft, dijelaskan bahwa pesawat ini memiliki desain yang sangat baik dan hemat energi, terlebih untuk penerbangan jarak jauh.

Kabin penumpang, tangki bahan bakar, dan dek kargo akan terintegrasi ke sayap. Bentuk ini dikenal dengan ‘V’, yang mampu menghasilkan gaya hambat lebih sedikit daripada biasanya.

Bentuk V ini juga menjaga agar bobot bidang tetap rendah. Efeknya, pesawat ini mengonsumsi bahan bakar setidaknya 20% lebih rendah dibanding Airbus A350, yang disebut sebagai pesawat paling modern di era kini.

Bentuk Flying-V lebih dinamis, diiringi dengan bobot pesawat yang sangat rendah. Flying-V mempunyai lebar sayap 65 meter, panjang tubuh pesawat 55 meter dan tinggi 17 meter. Pesawat ini sanggup membawa hingga 314 penumpang dengan kapasitas bahan bakar 140 ribu liter.

3. Pesawat Listrik
5 Pesawat Masa Depan, Bertenaga Listrik hingga Hidrogen!

Tidak hanya motor atau mobil saja yang dapat dioperasikan dengan listrik. Namun, dunia transportasi internasional juga sedang mengarah kepada pesawat listrik sebagai transportasi masa depan.

Melansir laman Afar, negara-negara seperti Swedia dan Denmark tengah merencanakan pengembangan pesawat yang bisa digunakan untuk penerbangan domestik bebas bahan bakar fosil di tahun 2030 mendatang.

Pada Juli 2021, Angkatan Udara Denmark menerima 2 unit pesawat listrik dengan baling-baling bernama Velis Electro.

Pesawat ringan ini dibuat oleh perusahaan Slovenia Pipistrel, dan sudah pasti akan melengkapi pesawat latih milik Denmark. Meskipun begitu, pesawat penggerak listrik harus dievaluasi terlebih dahulu kinerjanya selama 2 tahun.

Diketahui, Velis Electro adalah satu-satunya pesawat listrik yang sudah memiliki sertifikat, disahkan, dan diizinkan mengudara oleh Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa.

Dengan adanya pesawat listrik ini, maka akan mengurangi setidaknya 42 juta liter bahan bakar yang dibutuhkan Denmark per tahunnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0974 seconds (0.1#10.140)