3 Hewan Bereproduksi dengan Membelah diri, Nomor Terakhir Spesiesnya Paling Banyak

Kamis, 29 September 2022 - 19:20 WIB
loading...
A A A
Sebagian besar cacing Annelida hidup secara bebas dan liar, namun terdapat pula cacing yang bergantung pada inangnya atau hewan vertebrata. Melalui karakteristiknya, lintah dan cacing tanah termasuk dalam jenis cacing Annelida yang akan membelah dirinya untuk bereproduksi.

3. Bintang Laut
Sebenarnya, bintang laut merupakan hewan yang dapat bereproduksi secara seksual (berpasangan) dan aseksual (tidak berpasangan). Bintang laut yang membelah diri menjadi dua akan menghasilkan dua organisme lengkap.

Terdapat pula, bintang laut yang membelah dirinya dengan cara mematahkan salah satu lengan dari total lima lengan untuk menghasilkan bintang laut baru. Nantinya, lengan yang dipatahkan akan tumbuh kembali dengan cepat.



Terkadang kemampuan autotominya atau memutuskan bagian tubuh digunakan untuk melindungi diri dari predator. Masing-masing ujung tentakel memiliki bintik merah yang berguna sebagai sensor yang peka terhadap cahaya.

Uniknya, anus pada bintang laut terletak pada bagian atas dan mulutnya terletak pada bagian bawah. Kini bintang laut memiliki sekitar 1.800 spesies yang tersebar di seluruh dunia, tetapi hanya 24 spesies saja yang berproduksi secara fragmentasi.

(MG/Afridha Khalila)
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0747 seconds (0.1#10.140)