Penemuan Medali Militer Kepala Medusa, Simbol Pelindung dan Kesuksesan Tentara Romawi

Selasa, 11 Oktober 2022 - 10:57 WIB
loading...
Penemuan Medali Militer Kepala Medusa, Simbol Pelindung dan Kesuksesan Tentara Romawi
Arkeolog menemukan medali militer terbuat dari perunggu berbentuk kepala Medusa di situs kota kuno Perre di sebelah tenggara Turki. Foto/Anadolu Agency
A A A
ANKARA - Arkeolog menemukan medali militer berbentuk kepala Medusa di situs kota kuno Perre di sebelah tenggara Turki . Medali militer dari perunggu berusia 1.800 tahun ini merupakan simbol pelindung dan kesuksesan tentara Romawi.

Medali perunggu militer bertuliskan kepala Medusa, berbentuk monster seorang wanita dengan rambut ular. Medali kepala Medusa diberikan kepada prajurit yang berhasil menjalankan tugas, sekaligus simbol pelindung.

“Medali berkepala Medusa merupakan sebagai penghargaan yang diberikan kepada seorang prajurit atas keberhasilannya,” kata Mehmet Alkan, direktur Museum Adıyaman, dikutip SINDOnews dari laman Daily Sabah, Selasa (11/10/2022).



Diketahui, medali militer perunggu ini diberikan kepada seorang prajurit Romawi bernama Calcilius Antiquus setelah bertugas di berbagai legiun kekaisaran selama 20 tahun. Dia bertugas pada masa pemerintahan Kaisar Romawi Hadrian.

Alkan menjelaskan, medali ini sangat penting dalam hal menunjukkan bahwa pensiunan tentara Romawi ditempatkan di kota Perre selama periode Kekaisaran Romawi. Perre merupakan salah satu dari lima kota terbesar Kerajaan Commagene kuno di provinsi Adıyaman.

“(Medali) Kepala Medusa diukir pada pahatan perunggu yang ditemukan dalam penggali di kota kuno Perre. Kepala Medusa juga berfungsi sebagai semacam simbol apotropaic, yaitu sebagai pelindung,” ujar Alkan.



Dalam mitologi Yunani, Medusa adalah salah satu dari tiga Gorgon. Menurut mitos, Medusa memiliki rambut ular dan bisa mengubah siapa saja yang memandangnya menjadi batu.
Penemuan Medali Militer Kepala Medusa, Simbol Pelindung dan Kesuksesan Tentara Romawi


Mitologi menceritakan tentang bagaimana Athena, dewi kebijaksanaan, menempatkan kepala Medusa di perisai dan pelindung dadanya setelah dia dipenggal. Zeus, raja Olympus dan dewa-dewa lain seperti Ares, dewa perang, juga digambarkan dengan Medusa terpampang di perisai mereka.

Mengapa Medusa digambarkan pada baju besi dan perisai? Medusa secara tradisional digambarkan pada baju besi dan perisai kaisar dan jenderal Romawi karena namanya berarti "penjaga" atau “pelindung” dalam bahasa Yunani Kuno.



“Ini adalah medali yang dikenakan seorang tentara di perisainya selama upacara militer. Kami menemukan diploma militer berusia 1.800 tahun di sini selama penggalian tahun lalu, dan kami juga mengaitkan medali itu dengan dinas militer,” tambah Alkan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4495 seconds (0.1#10.140)