Dahsyat, Kerumunan Lebah Mampu Ubah Cuaca dengan Getaran Sayapnya

Selasa, 25 Oktober 2022 - 16:45 WIB
Gradien potensial elektrostatik ini, juga dapat mengisi daya petir melalui gesekan gumpalan es di dalam awan. Efek elektrostatik muncul di seluruh dunia serangga; memungkinkan lebah untuk menarik serbuk sari kepada mereka.

Untuk menguji apakah lebah madu menghasilkan perubahan yang cukup besar dalam medan listrik atmosfer, para peneliti menempatkan monitor medan listrik dan kamera di dekat lokasi beberapa koloni lebah madu. Dalam 3 menit serangga membanjiri udara, para peneliti menemukan bahwa gradien potensial di atas sarang meningkat menjadi 100 volt per meter.

Dalam peristiwa kerumunan lainnya, para ilmuwan mengukur efek setinggi 1.000 volt per meter. Ini membuat kepadatan muatan dari kawanan lebah madu besar kira-kira enam kali lebih besar dari badai debu listrik dan delapan kali lebih besar dari awan badai.
Dahsyat, Kerumunan Lebah Mampu Ubah Cuaca dengan Getaran Sayapnya

Para ilmuwan juga menemukan bahwa awan serangga yang lebih padat berarti berpotensi membentuk medan listrik yang lebih besar. Para peneliti memperkirakan bahwa efek belalang yang berkerumun pada medan listrik atmosfer sangat mengejutkan, menghasilkan kepadatan muatan listrik yang serupa dengan yang dibuat oleh badai petir.

Para peneliti mengatakan tidak mungkin serangga menghasilkan badai itu sendiri. Medan listrik di atmosfer dapat mengionisasi partikel debu dan polutan, mengubah pergerakannya dengan cara yang tidak terduga. Karena debu dapat menyebarkan sinar matahari, mengetahui bagaimana ia bergerak dan di mana ia mengendap adalah penting untuk memahami iklim suatu wilayah.

“Interdisipliner sangat berharga di sini, muatan listrik bisa tampak seperti hanya hidup dalam fisika, tetapi penting untuk mengetahui seberapa sadar seluruh alam tentang listrik di atmosfer. Berpikir lebih luas, menghubungkan biologi dan fisika mungkin membantu dengan banyak masalah yang membingungkan, seperti mengapa partikel debu besar ditemukan begitu jauh dari Sahara,” kata Hunting.