5 Fakta Ikan Candiru, Dijuluki Vampir Brasil yang Suka Bau Urine Manusia

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 16:22 WIB
loading...
5 Fakta Ikan Candiru, Dijuluki Vampir Brasil yang Suka Bau Urine Manusia
Ikan Candiru atau Canero (Vandellia cirrhosa) adalah ikan air tawar yang termasuk dalam kelompok lele yang banyak ditemukan di Sungai Amazon. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ikan Candiru atau Canero (Vandellia cirrhosa) adalah ikan air tawar yang termasuk dalam kelompok lele yang banyak ditemukan di Sungai Amazon . Spesies ikan Candiru biasanya tumbuh hingga 1 atau 2 inci panjangnya, meskipun beberapa spesimen berukuran hampir 17 inci juga telah ditemukan.

Ikan Candiru seperti belut dan hampir tembus pandang, sehingga hampir mustahil untuk melihatnya di dalam air. Ikan Candiru dijuluki ikan vampir yang begitu akrab disapa penduduk setempat, cukup terkenal berkat mitos yang menyebut spesies ini menginfeksi alat kelamin manusia.

Ada sejumlah fakta menarik ikan Candiru yang perlu diketahui agar memahami dengan baik dan tidak menjadi korban. Berikut 5 fakta ikan Candiru dirangkum SINDOnews dari laman Tuscaloosanews dan Animalsake, Sabtu (29/10/2022).

1.Penghuni Sungai Amazon dan Orinoci
Ikan Candiru banyak ditemukan di sungai Amazon dan Orinoco di Amerika Selatan. Ikan Candiru merupakan bagian dari fauna ikan Neotropis dan ikan yang paling ditakuti di antara penduduk asli karena reputasi yang mengerikan.

Baca juga; 5 Ikan Terbesar di Sungai Amazon, Nomor 4 Pernah Meneror di Waduk Jatiluhur

Ikan Candiru kerap ditemukan di dalam ingsang ikan lain atau inangnya. Setelah menempel pada tutup insang, mereka bertindak seperti parasit dan mengambil darah dari ikan inang.

2. Dijuluki Ikan Vampir
5 Fakta Ikan Candiru, Dijuluki Vampir Brasil yang Suka Bau Urine Manusia


Ikan Candiru mempunyai julukan yang mengerikan, yaitu sebagai ikan vampir dan ikan tusuk gigi. Ikan Candiru memakan darah dan umumnya ditemukan di rongga insang ikan lain. Duri di sekitar kepalanya kemudian menembus sisik ikan dan mengambil darah sambil menahannya di tempatnya.

Kemudian ikan Candiru menyeruput darah korban, sambil menggertakkan gigi panjang di rahang atasnya. Ikan Candiru kemudian melepaskan siripnya dan tenggelam ke dasar sungai untuk mencerna makanannya. Kebiasaan memakan darah ini membuatnya mendapat julukan, Ikan Vampir Brasil.

Baca juga; Terungkap, Kelelawar Vampir Bertahan Hidup dengan Berbagi Darah
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2125 seconds (10.101#12.26)