Fenomena Tengah Hari Lebih Awal Terjadi 3 November Besok, Ini Dampaknya buat Umat Islam

Rabu, 02 November 2022 - 22:30 WIB
loading...
Fenomena Tengah Hari Lebih Awal Terjadi 3 November Besok, Ini Dampaknya buat Umat Islam
Fenomena tengah hari lebih awal akan terjadi Kamis (3/11/2022) besok. Foto/Scientific American
A A A
JAKARTA - Fenomena tengah hari lebihawal akan terjadi Kamis (3/11/2022) besok. Ada dampak penting buat umatIslam yang perlu dicermati.

Dampak dari fenomena tengah hari lebih awal yang terjadi besok memang perlu diketahui oleh umat muslim. Pasalnya fenomena itu akan berpengaruh besar pada pelaksanaan ibadah shalat wajib dan sunnah yang dilakukan setiap hari.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Republik Indonesia atau LAPAN RI dalam unggahan Instagram resmi menyebutkan dampak dari fenomena tengah hari lebih cepat akan menyebabkan waktu terbit matahari lebih cepat dari biasanya. Hal itu tentu berpengaruh buat umat Islam.

Terutama bagi mereka yang ingin melaksanakan shalat lima waktu dan shalat sunah, Dhuha. Menurut LAPAN fenomena tengah hari lebih cepat akan membuat ketinggian matahari mencapai +4,5 derajat atau sepenggalah dan waktu shalat subuh jadi lebih cepat dibandingkan hari-hari lainnya. Kondisi itu terjadi khususnya di wilayah selatan Indonesia.

"Selain itu juga menyebabkan waktu terbenam matahari atau maghrib maupun waktu Isya sekaligus akhir senja astronomis (awal malam astronomis) yang lebih cepat dibandingkan hari-hari lainnya terutama bagi wilayah utara Indonesia," tulis LAPAN RI.

Jadi bagi yang tinggal di wilayah selatan Indonesia seperti pulau Jawa, Madura, Bali, Lombok, hingga Nusa Tenggara memang perlu mencermati waktu shalat subuh yang akan masuk lebih cepat. Begitu juga dengan penduduk wilayah utara Indonesia seperti propinsi-propinsi yang ada di wilayah utara Pulau Sumatra, Kalimantan, hingga Sulawesi mau tidak mau harus mencermati waktu Maghrib dan Isya yang akan jauh lebih cepat dibanding hari-hari sebelumnya.



Fenomena Tengah Hari Lebih Awal Terjadi 3 November Besok, Ini Dampaknya buat Umat Islam


Lalu mengapa fenomena tengah hari lebih awal terjadi besok? Menurut LAPAN fenomena tengah hari lebihawal berkaitan dengan gerak dan titik bumi dalam mengelilingi matahari.

Masih dalam unggahan Instagram yang sama, LAPAN Menyebutkan siang yang lebih awal ini diakibatkan oleh nilai perata waktu yang lebih besar alias positif. Peristiwa itu terjadi pada 3 November 2022 karena saat itulah nilai perata waktu paling besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2254 seconds (0.1#10.140)