Begini Kondisi Bumi Jika Terjadi Perang Nuklir

Kamis, 10 November 2022 - 23:20 WIB
loading...
A A A
Dalam studi, para peneliti melakukan simulasi apa yang akan terjadi jika AS dan Rusia menggunakan 4.400 senjata nuklir berkekuatan 100 kiloton. Ini akan mengakibatkan kebakaran yang menyebabkan lebih dari 330 miliar pon asap dan karbon hitam penyerap sinar matahari ke atmosfer bagian atas.

Dalam simulasi lain, ilmuwan membayangkan India dan Pakistan meledakkan sekitar 500 senjata nuklir berkekuatan 100 kiloton. Ledakan yang ditimbulkan akan menyuntikkan 11 hingga 103 miliar pon asap dan jelaga ke atmosfer atas.

Dengan langit yang menghitam akibat badai nuklir, lautan akan menerima lebih sedikit cahaya dan panas. Hal ini terutama berlaku dari Kutub Utara ke Atlantik Utara dan Pasifik Utara. Ganggang laut (rumput laut), dasar jaring makanan laut, akan mati.
Begini Kondisi Bumi Jika Terjadi Perang Nuklir




Dengan demikian, reaksi berantai akan mengikuti, menciptakan kelaparan di lautan. Perikanan dan budidaya sebagian besar akan berakhir. Perairan laut akan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih daripada di darat. Perubahan es laut Arktik saja mungkin akan berlangsung ribuan tahun.

“Kita dapat dan harus melakukan segala yang bisa dilakukan untuk menghindari perang nuklir. (Sebab), Efeknya terlalu dahsyat menjadi bencana global,” kata Harrison. Dia menambahkan, tidak akan ada yang menang dengan perang nuklir.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2857 seconds (0.1#10.140)