Selamat dari Terjangan Badai Nicole, Misi Artemis 1 Siap Diluncurkan 16 November

Sabtu, 12 November 2022 - 21:01 WIB
loading...
Selamat dari Terjangan Badai Nicole, Misi Artemis 1 Siap Diluncurkan 16 November
Roket Artemis 1 untuk misi ke Bulan NASA selamat dari terjangan badai tropis Nicole dan siap diluncurkan pada 16 November 2022. Foto/NASA/Space
A A A
FLORIDA - Roket Artemis 1 untuk misi ke Bulan NASA selamat dari terjangan badai tropis Nicole dan siap diluncurkan pada 16 November 2022. Badai Nicole menghantam Space Coast Florida pada Kamis 10 November 2022 disertai angin kencang dan hujan deras.

Tumpukan Artemis 1, megaroket Space Launch System (SLS) yang diatapi oleh kapsul Orion, menerima pukulan badai Nicole. Namun, roket Artemis 1 mampu menahan hantaman badai meskipun berada di tempat terbuka di Pad 39B di Kennedy Space Center (KSC) NASA.

Megaroket SLS dan pesawat ruang angkasa Orionnya tampaknya memiliki struktur yang kuat. Setelah pemeriksaan pasca-badai hanya mengalami kerusakan minor yang tidak menghalangi upaya peluncuran yang dijawalkan pada 16 November 2022.



“Saat ini, tidak ada yang menghalangi kami untuk mencapai peluncuran pada tanggal 16 November," kata Jim Free, administrator asosiasi Direktorat Misi Pengembangan Sistem Eksplorasi di markas besar NASA di Washington, dalam konferensi pers Jumat 11 November 2022 waktu setempat.

Dikutip dari laman Space.com, badai Nicole hanya menimbulkan caulking (kerusakan kecil) pada Orion. Kerusakan kecil ini menyebabkan air merembes ke lengan peluncuran yang digunakan sebagai akses ke kapsul dari menara peluncuran Artemis 1.

“Hanya merobek salah satu penutup hujan mesin SLS,” kata Free. Tim misi Artemis 1 sedang menyelesaikan masalah ini dan beberapa masalah kecil lainnya. Mereka berusaha mengantisipasi dan menyelesaikan masalah ini tepat waktu sampai peluncuran 16 November.

Misi Artemis 1 sudah terbiasa dengan serangkaian penundaan yang dialami sebelumnya. Awalnya misi ini pada akhir Agustus, tetapi beberapa gangguan teknis memaksa NASA menunda peluncuran selama sebulan.



Kemudian, pada akhir September, Artemis 1 yang sudah siap di pangkalan peluncuran Pad 39B, dikembalikan ke Gedung Perakitan Kendaraan (VAB) KSC untuk berlindung dari Badai Ian. Mereka mengembalikan Artemis 1 kembali ke pad pada 4 November, tidak lama sebelum Nicole menyergap Atlantik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2087 seconds (0.1#10.140)