Sejumlah Danau di Dunia Mengering, Ternyata Ini Penyebabnya

Senin, 21 November 2022 - 23:06 WIB
loading...
A A A
Bencana ekologis yang mengikutinya membuat dasar laut tertutup garam dengan angin yang meniupkan garam ini ke daerah sekitarnya dan mengubah iklim sekitarnya. Kondisi ini mengakibatkan musim panas yang lebih pendek, lebih panas, dan tanpa hujan, serta musim dingin yang lebih panjang, lebih dingin, dan tanpa salju.

Cadangan ikan yang sebelumnya merupakan makanan pokok bagi masyarakat di sekitar Laut Aral telah berkurang, air minum menjadi asin, dan penyakit merajalela. Berbagai usaha dilakukan, namun kondisi danau mungkin tidak akan pernah pulih sepenuhnya.



Danau Chad
Sejumlah Danau di Dunia Mengering, Ternyata Ini Penyebabnya


Salah satu contoh terbaik dampak perubahan iklim terhadap sistem danau dan sungai, adalah kekeringan di Danau Chad. Pemanasan global, dengan curah hujan yang terus berkurang, dan ekstraksi air telah membuat ketinggiannya berkurang sekitar 80% dalam 30 tahun terakhir.

Danau terbesar keempat di Afrika, Danau Chad berada di wilayah Nigeria, Chad, Kamerun, dan Niger. Rencana memitigasi dampak perubahan iklim di danau tersebut mencakup berbagai metode mulai dari menanam lebih banyak hutan di lingkungan sekitar hingga membangun bendungan dan kanal sepanjang 60 mil untuk memindahkan air dari Sungai Kongo ke Sungai Chari yang mengalir ke danau.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1003 seconds (0.1#10.140)