7 Jam Bertugas di Luar ISS, 2 Astronot NASA Pulihkan Panel Surya yang Korsleting

Senin, 05 Desember 2022 - 17:06 WIB
loading...
7 Jam Bertugas di Luar ISS, 2 Astronot NASA Pulihkan Panel Surya yang Korsleting
Dua astronot NASA Josh Cassada dan Frank Rubio memperbaiki panel surya Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang korsleting. Foto/NASA TV
A A A
FLORIDA - Dua astronot NASA Josh Cassada dan Frank Rubio memperbaiki panel surya Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang korsleting. Mereka selama 7 jam 5 menit melakukan aktivitas ekstra kendaraan (EVA) di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Josh Cassada dan Frank Rubio berhasil memperbaiki salah satu panel surya baru dan memperbaiki korsleting di salah satu dari delapan saluran daya stasiun luar angkasa internasional. Mereka juga berhasil memulihkan sebagian listrik ke saluran daya stasiun luar angkasa yang mengalami gangguan pada Sabtu 3 Desember 2022.

“Kami bertugas efisien karena rencana yang disusun baik. Sungguh luar biasa. Tim yang membuat kami padu dan tepat waktu melakukan pekerjaan dengan sangat baik,” kata Cassada melalui radio ke Mission Control dikutip dari laman Space.com, Senin (5/2/2022).

Baca juga; Daya Baterai Baju Antariksa Alami Gangguan, Misi Spacewalk Kosmonot Rusia Dipersingkat

Para spacewalker memulai perjalanan dengan menggunakan pakaian khusus dan keluar melalui airlock Quest AS. Dari sana, keduanya melanjutkan untuk menyiapkan tempat kerja awal dan memperbaiki satu dari dua ISS Roll-Out Solar Arrays (iROSA) baru yang dikirim oleh pesawat ruang angkasa CRS-26 Dragon SpaceX pada 27 November.

Cassada juga memasang penahan kaki di ujung lengan robot ISS, selanjutnya digunakan untuk membawa iROSA seberat 340 kg ke lokasi pemasangannya di struktur rangka kanan ISS. Astronot NASA Nicole Mann dan Koichi Wakata, astronot JAXA (Japan Aerospace Exploration Agency), keduanya merupakan awak Ekspedisi 38, mengoperasikan lengan dari dalam stasiun luar angkasa.

“Koichi, luar biasa. Terima kasih atas tumpangannya. Saya pasti akan menggunakan aplikasi ride share saya dan memberi Anda lima bintang ketika saya kembali ke dalam,” kata Cassada.

Dengan susunan baru yang diposisikan di atas dudukan braket yang dipasang sebelumnya, Cassada dan Rubio membuka rakitan iROSA. Kemudian mengencangkan baut untuk menahannya di tempatnya.

Baca juga; Tidak Ada Ukuran Baju yang Pas, NASA Batalkan Misi Space Walk 2 Astronot Wanita

Bekerja dalam kegelapan, ketika sayap susunan surya lama tidak menghasilkan listrik, para astronot memasang kabel untuk menghubungkan iROSA baru ke catu daya stasiun. Pada siang hari, Cassada melepaskan dua baut dan iROSA mulai terbuka.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2580 seconds (11.97#12.26)