Mengenal Sesar Opak yang Aktif dan Punya Karakter Unik

Selasa, 13 Desember 2022 - 21:00 WIB
loading...
A A A


Dalam jurnal UGM milik Egie Wijaksono, Sesar Opak diperkirakan memiliki kedalaman rata-rata sekitar 55 meter sampai 82 meter dengan pergeseran berkisar antara 5 meter sampai 10 meter. Sampai saat ini penelitian terkait Sesar Opak terus dilakukan guna memahami sifat alami dari patahan tektonik ini.

Terbaru, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melakukan penyisiran jalur Sesar Opak guna memitigasi potensi gempa di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 10 Januari 2021. Survei dan kajian geologi tersebut mengambil lokasi di enam titik, yaitu Kalidadap, Goa Cerme, Lenteng Satu, Kedungrejo, Kedung Tolok, dan Sungai Kaliurang.

“Keenam lokasi tersebut dipilih karena termasuk dalam jalur Sesar Opak,” ungkap Kepala BMKG. Dwikorita Karnawati dikutip dari laman resmi BMKG.

Dwikorita mengatakan, survei dilakukan untuk mengidentifikasi struktur geologi yang tampak dipermukaan sebagai bagian dari proses validasi hasil pengolahan data seismik Tim BMKG. Survei melibatkan pakar geologi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) yaitu Prof Dr Ir Subagyo Pramumijoyo DEA dan Ir Gayatri Indah Marliyani, ST, MSc, PhD.

“Hasil survei ini menjadi pijakan untuk mengenali lebih detail Sesar Opak dan mengantisipasi dampak dan kemungkinan yang timbul dari sesar ini. Mengingat sesar ini berkategori sangat aktif," ujar Dwikornita.
Mengenal Sesar Opak yang Aktif dan Punya Karakter Unik




Dikutip dari laman ieeexplore, dari hasil penelitian bahwa di daerah Sesar Opak mengalami deformasi dengan laju kecepatan horizontal yang bervariasi. Sebagian besar bergerak ke arah tenggara sebagai akibat dari pergerakan lempeng Eurasia dan Indo-Australia.

Berdasarkan perhitungan regangan utama dengan menggunakan metode modified least square, nilai laju regangan daerah Sesar Opak kurang dari 1 mikro regangan/tahun dengan dominasi regangan ekstensional. Hal ini menunjukkan bahwa untuk menangkap deformasi postseismik perlu menggunakan data kontinu.

MG/Ari Achmad Dhani
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2182 seconds (0.1#10.140)