Pesawat Ruang Angkasa Rusia Soyuz Bocor, 7 Astronot di ISS untuk Sementara Aman

Kamis, 15 Desember 2022 - 18:57 WIB
loading...
A A A
“Para ahli di Moskow akan melihat dan menanggapi kebocoran tersebut sesuai dengan prosedur dan kebijakan mereka. Begitu mereka memiliki pemahaman yang baik tentang status akhir Soyuz malam ini, kami akan bersama-sama membuat keputusan untuk mengambil langkah selanjutnya,” ujar Direktur Penerbangan Stasiun Luar Angkasa NASA Emily Nelson melalui siaran TV NASA.

Pesawat ruang angkasa Soyuz MS-22 diluncurkan pada bulan September 2022 membawa tiga kosmonot, yaitu Prokopyev, Petelin dan astronot NASA Frank Rubio. Pesawat ruang angkasa Soyuz MS-22 direncanakan digunakan untuk membawa pulang tiga astronot pada bulan Maret 2023.
Pesawat Ruang Angkasa Rusia Soyuz Bocor, 7 Astronot di ISS untuk Sementara Aman


Status Soyuz untuk membawa astronot kembali ke Bumi dengan aman masih belum diketahui. Roscosmos dapat meluncurkan pesawat luar angkasa Soyuz lain tanpa awak dan secara mandiri berlabuh di ISS jika diperlukan.



Kemudian pesawat luar angkasa itu digunakan membawa pulang para astronot sesuai jadwal. Soyuz MS-22 yang bocor sebenarnya juga berfungsi sebagai "sekoci" jika keadaan darurat di stasiun luar angkasa internasional memerlukan evakuasi para awaknya.

Stasiun Luar Angkasa Internasional saat ini menampung tujuh awak. Terdiri dari tiga kosmonot Rusia, tiga astronot AS, dan satu astronot Jepang. Selain pesawat ruang angkasa Soyuz MS-22, di ISS ada pesawat ruang angkasa SpaceX Crew Dragon yang menerbangkan empat astronot pada bulan Oktober.
(wib)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)