Bj Habibie Pernah Menolak Membuat Pesawat Spionase untuk Jerman, Begini Kisahnya

Rabu, 21 Desember 2022 - 14:39 WIB
loading...
A A A
Permintaan tersebut diawali dari pertemuannya dengan Adam Malik yang saat itu sedang menjabat sebagai Menteri Luar Neger di Eropa.

“Kamu berpikirlah untuk tanah air (Penerbangan Indonesia), cari jalan keluarnya untuk mengembangkan penerbangan yang ada di Indonesia” kata Adam Malik dikutip dari buku The True Life Of Habibie karya A. Makmur Makka.

Kemudian dilanjutkan Kolonel Subono Mantofani yang menerima pesan dari Presiden Soeharto, untuk memerintahkan Habibie sementara waktu untuk tetap tinggal di Jerman Barat.

Baca juga : Mengapa BJ Habibie Dijuluki Mr Crack? Ini Penjelasannya

Meskipun Habibie diperintahkan untuk tetap tinggal di Jerman, ia telah menyiapkan segala sesuatu yang mungkin saja diperlukan. Ada satu hal yang selalu terpikirkan dalam benak habibie, yakni pengalaman yang ia peroleh harus dimanfaatkan untuk pembangunan bangsanya.

Dengan adanya pendirian tersebut, ia pernah menolak ketika diminta untuk membuat desain dari salah satu pesawat untuk keperluan spionase Jerman. Pesawat spionase dari Jerman adalah sebuah pesawat yang memiliki kecepatan tinggi dan memiliki ketinggian diatas 30.000 Km.

Selain itu, Habibie juga pernah mengabaikan sebuah tawaran dari perusahaannya yakni Hamburg yang pada saat itu diamanahi untuk menangani proyek - proyek pesawat kecil. Setelah mengabaikan penawaran tersebut, Habibie memiliki untuk Hamburg Flugzeugbau atau HFB.

HFB adalah sebuah tempat yang bertujuan untuk membangun bagian riset dan pengembangan yang memiliki kaitan erat dengan konstruksi pesawat terbang.

Alasan Habibie memilih HFB sebagai tempat kerjanya, karena dari HFB akan menjadi bekal sebelum ia terbang kembali ke Indonesia untuk mempersiapkan industri pesawat terbang di tanah air.

BJ Habibie adalah putra tanah air Indonesia yang memiliki jasa yang sangat besar dalam membangun perkembangan Industri pesawat terbang di Indonesia. Dengan kerja kerasnya ia bisa membangun pesawat tanah air N250 Gatotkaca, dan beberapa pesawat lain yang pernah dibangunnya seperti Dornier DO-31 dan R80.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3837 seconds (0.1#10.140)