4 Pesawat yang Mampu Lepas Landas dan Mendarat Vertikal, Nomor Terakhir Berteknologi Siluman

Rabu, 11 Januari 2023 - 16:03 WIB
loading...
A A A
Yak-38 adalah satu-satunya pesawat tempur serang VTOL pertama Angkatan Laut Soviet yang berbasis di kapal induk kelas Kiev. Pesawat tempur Yak-38 pertama kali terbang pada tahun 1971 dan mulai beroperasi pada tahun 1976 tetapi saat ini sudah dipensiunkan.

Ada sebanyak 231 unit Yak-38 yang diproduksi dan dioperasikan hingga tahun 1991. Uni Soviet coba membuat penerusnya yang lebih canggih, yaitu Yak-141 atau Yak-41, namun dihentikan karena masalah biaya.

4. F-35B Lightning II
4 Pesawat yang Mampu Lepas Landas dan Mendarat Vertikal, Nomor Terakhir Berteknologi Siluman


Pesawat tempur multi-peran F-35 Lightning disebut sebagai Program Joint Strike Fighter karena ada tiga versi pesawat yang tersedia untuk setiap cabang layanan. Hanya versi F-35B yang memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat vertikal atau pendek (V/STOL).



Desain jet tempur F-35B memiliki mesin turbin tunggal dengan nozzeel vektor dan kipas bertenaga yang menyediakan daya angkat untuk lepas landas dan mendarat. Sebagian besar teknologi yang masuk ke sistem V/STOL F-35B berasal dari kemitraan antara Lockheed Corporation dan Yakovlev.

Sistem nozzle berputar yang digunakan untuk Yak-141, sebuah pesawat eksperimental VTOL Uni Soviet yang dibatalkan, diterapkan pada F-35B. Berbeda dengan pendahulunya yang lain, F-35B merupakan pesawat VTOL pertama yang mampu mencapai kecepatan supersonik.

Pesawat buatan Lockheed Martin ini merupakan pesawat tempur multiperan satu kursi dan bermesin tunggal yang dapat beroperasi di segala cuaca. Ditambah kemampuan siluman F-35B ditujukan untuk superioritas udara dan misi penyerangan.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2233 seconds (0.1#10.140)