4 Ilmuwan Kontroversial yang Bikin Geger, Nomor 3 Sudah Matikan 400 Orang

Selasa, 17 Januari 2023 - 08:00 WIB
loading...
A A A
Namun itu tidak membuat Sergio Canavero berhenti berinovasi. Baru-baru ini dia yakin bisa melakukan transplantasi yang tak kalah bikin geger yakni transplantasi otak.

2. John B Watson
4 Ilmuwan Kontroversial yang Bikin Geger, Nomor 3 Sudah Matikan 400 Orang


John B Watson adalah peneliti dari John Hopkins University. Dia dan beberapa anak didikannya ingin membuktikan teori mengenai classical conditioning pada manusia. Caranya dengan memasangkan stimulus yang terkondisi dan stimulus tidak terkondisi.

Masalahnya adalah John B Watson melakukannya pada seorang bayi yang masih sangat kecil yang dinamakan The Little Albert. John B Watson melakukan beberapa simulasi pada bayi tersebut saat berinteraksi dengan sebuah objek.Salah satunya adalah tikus percobaan.

Awalnya bayi tersebut tidak menunjukkan reaksi apa pun saat bertemu dengan tikus. Hanya saja John B Watson kemudian melakuan simulasi khusus dengan
membuat suara keras di belakang Albert dengan memukul-mukul batang baja dengan palu, sambil menunjukkan tikus.

Alhasil setelahnya The Little Albert ketakutan dengan tikus tersebut. Penelitian itu akhirnya berhenti ketika orang tua bayi merasa eksperimen semakin tidak baik dan langsung menarik diri.

Dikabarkan bayi yang bernama asli Douglas Meritte itu kemudian meninggal dunia beberapa tahun setelahnya.



3. Ellen Wiebe
4 Ilmuwan Kontroversial yang Bikin Geger, Nomor 3 Sudah Matikan 400 Orang


Ellen Wieber adalah dokter yang bergabung di organisasi nirlaba Dying With Dignity Canada. Dia kontroversial karena pada 2021 mengaku sudah membantu 400 orang mati bunuh diri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)