4 Ilmuwan Kontroversial yang Bikin Geger, Nomor 3 Sudah Matikan 400 Orang

Selasa, 17 Januari 2023 - 08:00 WIB
loading...
A A A
Perlu dicatat bunuh diri itu dilakukan berdasarkan peraturan yang memang legal di wilayah Vancouver, Canada. Mereka yang ingin mengakhiri hidup mereka harus datang ke Vancouver tempat Ellen Wiebe berada.

Ellen Wiebe tidak sembarangan mau bantu pasiennya bunuh diri. Mereka yang dibantu harus memenuhi syarat tertentu yang pasti di antaranya adalah kondisi kesehatan yang benar-benar kritis.

Tidak heran jika Ellen Wiebe merasa bangga bisa membantu para pasien mewujudkan keinginannya. "Ini adalah pekerjaan yang paling membanggakan yang pernah kami lakukan," ucapnya.

4. Philip G Zimbardo
4 Ilmuwan Kontroversial yang Bikin Geger, Nomor 3 Sudah Matikan 400 Orang


Peneliti dari Universitas Stanford, Philip G Zimbardo punya ide kontroversial untuk mencari tahu mengenai perilaku yang terjadi di penjara. Dia berupaya membuat penjara tiruan di wilayah universitas dan melibatkan beberapa anak muda untuk ikut ambil peran dalam penjara buatan itu.

Parahnya penelitian itu jadi tidak karuan para penjaga yang diperankan oleh relawan mulai menunjukkan perilaku kejam dan sadis terhadap para tahanan. Sebaliknya para tahanan kemudian menjadi depresi dan putus asa.

BBC Prison Study menyebutkan tahanan yang dibuat Philip G Zimbardo tidak layak. Pasalnya eksperimen itu tak etikal, palsu, dan lebih menunjukkan gaya tiran dari Philip G Zimbardo.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3468 seconds (0.1#10.140)