9 Kecelakaan Kapal Paling Mematikan dalam Sejarah, Nomor 4 Kisahnya Diangkat ke Layar Lebar

Senin, 27 Februari 2023 - 21:29 WIB
Pada tanggal 7 Mei 1915, RMS Lusitania ditorpedo di lepas pantai Irlandia saat membawa penumpang dan amunisi dari New York. Foto/Wikipedia/Herper Weekly
JAKARTA - Kapal menjadi alat transportasi aman selama berabad-abad dalam mengarungi lautan atau samudra yang luas. Namun, beberapa insiden kecelakaan kapal, baik karam, dihantam badai, bahkan tsunami, menjadi bencana yang mengerikan.

Apalagi selama masa perang berkecamuk, perjalanan menggunakan kapal banyak menghadirkan bahaya. Berikut 9 kecelakaan kapal paling mematikan dalam sejarah maritim dikutip dari laman Historyhit, Senin (27/2/2023).

1. Kapal Putih (1120)



Pada tanggal 25 November 1120, sebuah kapal yang dikenal sebagai Kapal Putih (White Ship) tenggelam saat melintasi Selat Inggris. Sekitar 300 orang diperkirakan tewas dalam bencana tersebut, namun kapal karam tersebut juga memicu konflik yang menyebabkan ribuan kematian di tahun-tahun berikutnya.





Salah satu korban bencana Kapal Putih adalah William the Aetheling, putra Henry I dan pewaris takhta Inggris. Kematiannya mengakibatkan konflik dan kerusuhan selama bertahun-tahun di Inggris karena rencana suksesi Henry dibatalkan. Penggugat memperebutkan takhta, dan selama masa pergolakan ini diperkirakan ribuan warga Inggris kelaparan.

2. HMS Victory (1744)



HMS Victory adalah kapal Angkatan Laut Kerajaan dengan 100 senjata yang diluncurkan pada tahun 1737. HMS Victory tenggelam saat badai di Selat Inggris pada 5 Oktober 1744 dan menewaskan sekitar 1.100 pelaut. Peristiwa ini menjadikannya bencana angkatan laut paling mematikan yang pernah terjadi di Selat Inggris.

Pada tahun 2009, bangkai kapal HMS Victory ditemukan kira-kira 50 mil lepas pantai Inggris, dekat Plymouth, oleh perusahaan AS Odyssey Marine Exploration. Setelah hampir 3 abad di bawah air, meriam kapal masih dalam kondisi baik, dengan lambang kerajaan masih terlihat.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More