9 Kecelakaan Kapal Paling Mematikan dalam Sejarah, Nomor 4 Kisahnya Diangkat ke Layar Lebar

Senin, 27 Februari 2023 - 21:29 WIB


3. SS Sultana (1865)



Kapal uap yang biasanya mengangkut kapas di Mississippi, selama Perang Saudara Amerika, SS Sultana juga digunakan untuk mengangkut tentara. Sekitar pukul 02.00 pada tanggal 27 April 1865, salah satu ketel uap Sultana meledak, segera diikuti dua ledakan lagi. Ledakan besar merobek perahu kayu, menyebabkan kerusakan parah dan kebakaran besar.

Kondisi kapal itu terlalu penuh, meskipun memiliki kapasitas maksimum 376 penumpang, SS Sultana membawa 2.137 penumpang. Korban tewas resmi adalah 1.168 orang, menjadikannya bencana maritim terburuk dalam sejarah Amerika.



Terlepas dari besarnya bencana, itu agak dibayangi oleh pembunuhan Abraham Lincoln, pembunuhan pembunuhnya, John Wilkes Booth, dan berakhirnya Perang Saudara. Dengan demikian, tidak ada yang pernah dimintai pertanggungjawaban atas tenggelamnya kapal tersebut.

4. RMS Titanic (1912)



Mungkin bencana maritim paling terkenal dalam sejarah, tenggelamnya RMS Titanic telah diabadikan dalam film populer Titanic tahun 1998 karya James Cameron. Kapal terbesar di dunia pada saat itu, RMS Titanic berangkat dalam pelayaran perdananya dari Southampton ke New York pada 10 April 1912.



Kapal itu membawa sekitar 2.224 penumpang ketika menabrak gunung es pada malam 14 April 1912, yang menyebabkan kerusakan yang signifikan pada lambung kapal. Kurangnya sekoci, dikombinasikan dengan waktu tenggelam yang cepat, prosedur evakuasi yang kacau dan perairan Atlantik yang sedingin es, menyebabkan sekitar 1.500 orang tewas.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More