9 Kecelakaan Kapal Paling Mematikan dalam Sejarah, Nomor 4 Kisahnya Diangkat ke Layar Lebar

Senin, 27 Februari 2023 - 21:29 WIB
Suhu yang membeku memperumit upaya untuk mengevakuasi kapal, meskipun nakhoda kapal berhasil mengirimkan sinyal marabahaya. MV Wilhelm Gustloff tenggelam kira-kira satu jam setelah terkena torpedo, menewaskan lebih dari 9.000 orang di dalamnya. Ini menjadi satu-satunya insiden maritim paling mematikan dalam sejarah.

7. MV Goya (1945)



Dibangun di Norwegia sebagai kapal barang pada tahun 1940, MV Goya disita oleh Nazi ketika menduduki Norwegia. Pada tahun 1945, kapal itu digunakan sebagai kapal penumpang untuk mengevakuasi warga sipil sebagai bagian dari Operasi Hannibal, dan akibatnya menjadi terlalu penuh sesak.



Meninggalkan pelabuhan pada 16 April 1945, MV Goya membawa lebih dari 7.000 penumpang, lebih dari 5 kali lipat dari kemampuannya. MV Goya ditorpedo oleh kapal selam Soviet sebelum tengah malam, dan tenggelam dalam hitungan menit, menewaskan sebagian besar penumpang yang sedang tidur.

Jumlah pasti korban tewas tidak jelas karena pencatatan yang buruk di tengah perang, tetapi diperkirakan antara 6.000 dan 7.000 orang, dan hanya 180 orang selamat. Bangkai kapal itu secara resmi dinyatakan sebagai kuburan perang oleh otoritas Polandia.

8.SS Kiangya (1948)



Salah satu dari 8 kapal yang dioperasikan oleh Grup Pedagang Shanghai, SS Kiangya adalah kapal uap penumpang. Ketika meninggalkan Shanghai pada bulan Desember 1948, kapal dipenuhi penumpang sebanyak 2.000 orang (mungkin lebih, manifesnya tidak jelas),.



Sebagian besar penumpang adalah pengungsi yang melarikan diri dari ancaman Partai Komunis selama Perang Saudara Tiongkok (1927-1949). Diperkirakan Kiangya menabrak ranjau, mungkin diletakkan selama Perang Dunia Kedua oleh angkatan laut Kekaisaran Jepang.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More