Terinspirasi Iron Man, Ilmuwan Ciptakan Material dengan Kekuatan Super dan Ringan

Selasa, 24 Oktober 2023 - 19:05 WIB
“Bahan baru kami lima kali lebih ringan namun empat kali lebih kuat dari baja. Jadi, nanogitter kaca kami akan jauh lebih baik daripada bahan struktural lainnya untuk menciptakan baju zirah yang diperbarui untuk Iron Man," ujarnya.

Untuk membentuk partikel kaca murni menjadi kerangka 3D, para peneliti menggunakan DNA sebagai landasan. Bayangkan kerangka rumah, tetapi alih-alih kayu atau baja, semuanya terbuat dari DNA. Kerangka DNA yang merakit diri ini berfungsi sebagai tulang belakang, di mana para ilmuwan dengan cermat menerapkan lapisan kaca. Keseimbangan halus ini menghasilkan bahan yang kuat namun ringan, mencapai kekuatan dan kepadatan yang sebelumnya dianggap tidak mungkin.



"Kemampuan untuk menciptakan nanomaterial kerangka 3D yang dirancang menggunakan DNA dan memineralisasinya membuka peluang besar untuk mengembangkan sifat mekanik. Namun, masih diperlukan banyak penelitian sebelum kita dapat menggunakannya sebagai teknologi," kata Gang.

Selanjutnya, para peneliti berencana membuat bahan yang bahkan lebih kuat menggunakan struktur DNA. Misalnya, menggantikan keramik karbida dengan kaca bisa menghasilkan bahan dengan rasio kekuatan terhadap berat yang lebih baik. Mengubah struktur DNA juga dapat secara signifikan meningkatkan rasio ini.
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More