6 Misi Luar Angkasa yang Akan Meluncur di 2024

Selasa, 02 Januari 2024 - 09:13 WIB
Perlombaan menjelajahi luar angkasa akan terus berlanjut pada 2024. (Foto: NASA)
JAKARTA - Perlombaan menjelajahi luar angkasa akan terus berlanjut pada 2024. Sejumlah negara dan lembaga antariksa bahkan telah mencanangkan misi khusus.

Misi khusus yang akan diluncurkan pada tahun ini akan menargetkan Bulan, planet hingga asteroid, untuk mendapatkan data-data terbaru.

Berikut daftar misi penjelajahan luar angkasa yang akan diluncurkan di 2024 dilansir dari Greek Reporter, Selasa (2/1/2023).

1. Misi CLPS NASA ke Bulan



Serangkaian misi Commercial Lunar Payload Service (CLPS) dari NASA akan diluncurkan pada 2024, dengan membawa berbagai instrumen ke Bulan. Program CLPS merupakan bagian dari inisiatif Artemis NASA untuk melanjutkan eksplorasi manusia ke Bulan. Salah satu tujuan utama program ini untuk menyelidiki kemungkinan menggunakan sumber daya bulan sebagai bahan bakar.



Oleh karena itu, beberapa instrumen pada misi CLPS-1, yang juga dikenal sebagai Peregrine, dirancang untuk menilai jumlah hidrogen di permukaan Bulan. CLPS-2 dijadwalkan diluncurkan pada awal Januari 2024, dan ada empat misi CLPS lain yang direncanakan diluncurkan sepanjang tahun ini.



2. Misi Trailblazer



Misi Trailblazer NASA ke Bulan bertujuan untuk memahami keberadaan air di sana. Apakah terkunci di dalam batuan sebagai bagian dari struktur mineral, atau terdeposit sebagai es di permukaan batu. Misi Trailblazer dijadwalkan diluncurkan pada kuartal pertama 2024.

3. Chang'e 6



Peluncuran Chang'e 6, misi China terbaru ke Bulan, direncanakan pada Mei 2024. Misi ini bertujuan membawa material Bulan ke Bumi. Wahana antariksa ini akan mengumpulkan materi dari sisi terjauh Bulan, yaitu cekungan Aitken Kutub Selatan. Wilayah ini diyakini memiliki air beku yang melimpah.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More