Daftar Pulau dan Gunung yang Berada di Laut China Selatan

Jum'at, 12 Januari 2024 - 14:00 WIB


2. Kepulauan Paracel



Seperti Kepulauan Spratly, Kepulauan Paracel juga tidak dihuni populasi asli. Akan tetapi, mengutip The World Factbook CIA, terdapat pangkalan militer China di Pulau Woody yang merupakan pulau terbesar di Kepulauan Paracel. China telah menduduki seluruh Kepulauan Paracel sejak tahun 1974 usai merebutnya dari Vietnam. Selain China, Kepulauan Paracel juga diklaim oleh Taiwan dan Vietnam.

Kepulauan Paracel di perairan Laut China Selatan ini letaknya 400 kilometer sebelah timur Vietnam bagian tengah dan 350 kilometer tenggara Pulau Hainan, RRC. Terdapat sekitar 130 pulau karang kecil dan terumbu karang di kepulauan yang juga mempunyai potensi sumber daya minyak dan energi tersebut.

Di perairan Laut China Selatan ternyata juga terdapat gunung, lebih tepatnya gunung bawah laut. Melansir Live Science, pada awal Oktober 2021 terjadi tabrakan antara kapal selam bertenaga nuklir milik Amerika Serikat USS Connecticut dengan objek bawah laut di perairan Laut China Selatan. Objek tersebut kemudian dilaporkan sebagai gunung bawah laut yang belum dipetakan.
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More