Sama seperti Manusia, Ini 4 Tujuan Hewan Berpuasa

Minggu, 17 Maret 2024 - 18:20 WIB


Untuk lebih jelasnya, dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/3/2024), berikut tujuan hewan berpuasa:

1. Adaptasi terhadap Lingkungan



Hewan seperti beruang dan kelelawar berpuasa selama musim dingin atau musim kemarau untuk menghemat energi ketika makanan langka. Lemak tubuh terakumulasi selama periode makan dan dimetabolisme selama puasa untuk menyediakan energi. Selama hibernasi, beberapa hewan tidur selama berbulan-bulan di musim dingin. Hibernasi menurunkan suhu tubuh hewan hingga 1 derajat di atas suhu lingkungan, detak jantung hingga 2%, dan konsumsi oksigen hingga 3%.

Burung dan kelelawar juga berpuasa selama migrasi jarak jauh untuk mengurangi beban metabolisme dan mengoptimalkan penggunaan cadangan energi.

2. Detoksifikasi dan Regenerasi Sel



Puasa memicu autophagy, yaitu proses seluler membersihkan sel-sel yang rusak dan mendaur ulang komponen selular. Hal ini dapat membantu regenerasi jaringan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Dilansir dari NCBI, puasa dapat meningkatkan produksi protein Heat Shock Factor 1 (HSF1), yang melindungi sel dari stres dan kerusakan.



3. Pertahanan Diri dan Reproduksi



Beberapa hewan, seperti lalat buah, berpuasa ketika terpapar racun atau patogen untuk meningkatkan respons kekebalan tubuh. Serangga betina tertentu juga berpuasa setelah kawin untuk mengalokasikan sumber daya secara optimal untuk perkembangan telur.

4. Siklus Hidup dan Perkembangan

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More