Keberadaan Lumba-lumba Raksasa Penghuni Sungai Amazon Terkuak

Kamis, 21 Maret 2024 - 20:38 WIB
Lumba-lumba Raksasa Penghuni Sungai Amazon . FOTO/ IFL SCIENCE
LIMA - Lumba-lumba air tawar di Amazon dan Asia Selatan terkenal karena kulit merah mudanya yang unik dan statusnya sebagai mamalia yang terancam punah.



Seperti dilansir dari IFL Science, penemuan fosil baru dari lumba-lumba sungai air tawar berusia 16,5 juta tahun membantu menjawab pertanyaan tentang asal-usul makhluk luar biasa ini.

Tengkorak dan fosil lumba-lumba sungai purba lainnya ditemukan di Rio Napo, Loreto, Peru pada tahun 2018 dan berumur lebih dari 16,5 juta tahun, berasal dari Miosen Awal hingga Tengah.

Dinamakan Pebanista yacuruna oleh tim peneliti, lumba-lumba ini diperkirakan memiliki panjang sekitar 3 meter (9,8 kaki), menjadikannya lumba-lumba air tawar terbesar yang diketahui.



P. yacuruna (kiri atas) adalah yang terbesar dibandingkan dengan empat spesies utama lainnya.

Garis abu-abu menunjukkan ukuran maksimum, dan garis putih menunjukkan ukuran minimum yang tercatat atau direkonstruksi dari setiap spesies.

P. yacuruna juga diperkirakan memiliki tubuh tebal dengan moncong panjang dan mata yang sangat kecil, hampir buta total. Para peneliti menduga bahwa lumba-lumba purba ini menavigasi perairan berlumpur Amazon dengan menggunakan melon kecil di dahi mereka untuk ekolokasi.

Melihat dari dekat tengkoraknya, yang memiliki moncong panjang, gigi besar, dan dahi yang berkembang dengan baik, tim menyimpulkan bahwa lumba-lumba purba ini telah sepenuhnya beradaptasi dengan kehidupan air tawar.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More