5 Fakta Gunung Ruang Sulawesi Utara, Meletus Perdana Mengakibatkan Tsunami

Kamis, 18 April 2024 - 11:44 WIB
Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi pada 17 April 2024. (Foto: Dok SINDOnews)
JAKARTA - Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi pada 17 April 2024 pukul 20.15 WITA. Letusan gunung membuat warga yang tinggal di sekitar gunung dievakuasi.

Status gunung pun telah dinaikan dari Siaga menjadi level IV atau Awas. Letusan ini kembali terjadi setelah hampir 22 tahun Gunung Ruang tidak mengeluarkan letusan.

Aktivitas vulkanik semakin meningkat. Di media sosial pun ramai membahas dan menampilkan penampakan Gunung Ruang yang menyemburkan abu vulkaniknya ke atas awan hingga adanya sambaran petir.

Diketahui, Gunung Ruang memiliki pesona keindahan yang luar biasa, terlebih gunung ini dikelilingi hamparan air laut berwarna biru.

Terdapat beberapa fakta menarik mengenai Gunung Ruang, yuk simak selengkapnya, seperti dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (18/4/2024).





Fakta Gunung Ruang

1. Terdapat kubah lava panas



Gunung Ruang menjadi salah satu gunung berapi kerucut yang terletak di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara. Pada puncak gunungnya terdapat kubah lava panas. Gunung ini juga jadi gunung berapi paling selatan di busur Sangihe antara Sulawesi Utara dan Mindanao, Filipina.

2. Letusan terakhir terjadi pada 2002

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More