7 Negara dengan Populasi Harimau Terbanyak, Indonesia Nomor Berapa?

Rabu, 24 April 2024 - 12:07 WIB
Dari 13 negara di dunia, India tercatat sebagai negara dengan populasi harimau terbanyak. (Foto: Britannica)
JAKARTA - Populasi harimau di dunia tak banyak. Tak heran, satwa buas ini masuk kategori terancam punah. Dari 13 negara di dunia, India tercatat sebagai negara dengan populasi harimau terbanyak.

Harimau yang biasa dijuluki sebagai raja hutan, adalah hewan yang sangat terkenal di dunia namun populasinya semakin lama semakin menurun karena adanya perburuan liar dan habitatnya yang dieksploitasi.

Diperkirakan sebanyak 97 persen harimau telah musnah dalam satu abad terakhir. Dalam rentang waktu ini, populasi harimau di alam liar diperkirakan telah menurun dari 100.000 menjadi kurang dari 4 ribuan harimau.

Di dunia, terdapat enam subspecies harimau yang masih bertahan, baik di alam liar maupun penangkaran. Yaitu harimau indochina (di Malaysia, Kamboja, China, Laos, Myanmar, Thailand, dan Viet Nahm), harimau benggala (di Bangladesh, Bhutan, China, India, dan Nepal), harimau china selatan (di China), harimau siberia (di Rusia, Korea Utara, China, dan Asia Tengah bagian Rusia), harimau sumatera (Indonesia), dan harimau malaya (di Malaysia).





Berikut daftar 7 negara dengan populasi harimau terbanyak di dunia, dilansir dari Times Travel, Rabu (24/04/2024).

1. India (3.167)



Berdasarkan sensus tahun 2022, Populasi harimau di India meningkat signifikan hingga 3.167 ekor. Ranthambore, Bandhavgarh, dan Corbett adalah beberapa tempat terbaik untuk melihat harimau di India.

2. Rusia (480-540)



Rusia terkenal dengan populasi harimau Amur atau dikenal juga sebagai harimau Siberia, yang merupakan salah satu kucing besar paling langka di dunia. Berdasarkan temuan sensus sementara, populasi Harimau Amur saat ini berkisar antara 480 hingga 540 ekor.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More