7 Fakta Ilmiah tentang Air Zamzam, Obat Asam Urat dan Kolesterol

Senin, 03 Juni 2024 - 13:45 WIB
Air Zamzam diyakini memiliki banyak khasiat kesehatan. (Foto: Kemenag)
JAKARTA - Air Zamzam yang bersumber di sekitar Kakbah dan telah ada sejak zaman Nabi Ismail dipercaya memiliki banyak khasiat kesehatan. Hal itu berdasarkan hadits Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah SAW bersabda,"Sesungguhnya air zamzam itu diberkati, sesungguhnya ia adalah makanan yang bergizi.” (Shahih Muslim: 6513)

Dalam hadits lain juga disebutkan,"Air zamzam adalah sesuai dengan tujuan orang yang meminumnya.”

Keterangan dalam hadits di atas belakangan terbukti secara ilmiah. Hasil penelitian dari para ilmuwan dunia mengungkap sejumlah fakta menarik tentang air zamzam, sebagaimana dirangkum dari Life in Saudi Arabia, Senin (3/6/2024):

1. Bebas Patogen

Air Zamzam terbukti bebas dari partikel atau mikroorganisme pengotor seperti bakteri, virus, atau jamur. Dalam sebuah percobaan, beberapa sampel diambil, disentrifugasi, dan ditempatkan pada media agar pelat kultur tidak menunjukkan adanya koloni bakteri.

2. Menurunkan Asam Urat

Air Zamzam juga telah diamati dapat menurunkan kadar asam urat serum dalam darah. Sifat basa air mungkin menjadi faktor pendukung. Universitas Heidelberg melakukan percobaan di mana minum Zamzam menurunkan kadar asam urat dalam darah (p < 0,05). Ini dapat dieksplorasi sebagai agen terapeutik untuk asam urat.