Ini 8 Alat yang Dipakai Membersihkan Kakbah

Senin, 14 Agustus 2023 - 13:34 WIB
loading...
Ini 8 Alat yang Dipakai Membersihkan Kakbah
Kakbah di Masjidil Haram secara rutin dibersihkan setiap tahun. (Foto: Islamic Information)
A A A
JAKARTA - Kakbah di Masjidil Haram secara rutin dibersihkan setiap tahun. Ternyata ada 8 alat yang dibuat membersihkan dan menyucikan Kakbah.

Arsitektur Kakbah yang sederhana hanya berbentuk kubus tidak mengurangi kekaguman umat Muslim dunia. Wangi khas Kakbah yang memberi kesan magis dan suci terngiang di ingatan para jamaah umrah dan haji.

Di balik wangi yang tak terlupakan itu terdapat tim khusus yang membersihkan Kakbah dengan menggunakan peralatan istimewa.
Ritual pembersihan itu dikenal dengan Ghusl Kakbah , yaitu pembersihan rutin menggunakan air dari sumur Zamzam yang diberkahi.

Dilansir dari laman the Islamic Information, Senin (14/8/2023), berikut 8 alat dalam ritual tersebut.

1. Kendi semprot air mawar

Alat pertama yang digunakan di Ghusl Kabah berupa kendi yang dirancang khusus untuk menyemprotkan air Zamzam yang dicampur dengan air mawar. Air Zamzam memiliki makna yang sangat besar dalam tradisi Islam, diyakini sebagai sumber penyembuhan dan pemurnian yang diberkahi.



Mencampurnya dengan air mawar menambah keharuman yang menenangkan, membuat proses pembersihan menjadi lebih menyiratkan rasa kebatinan dan spiritual yang tinggi.

2. Wewangian rempah aromatik

Setelah menyemprot campuran Zamzam dan air mawar, ritual dilanjutkan dengan menyemprot wewangian rempah-rempah alami pilihan. Rempah-rempah aromatik ini dipilih secara khusus untuk menjaga kesucian tempat suci dan menambahkan aroma khas ke atmosfer di sekitar Kakbah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2319 seconds (0.1#10.140)