Mengenal Gigantopithecus, Orangutan Raksasa Inspirasi King Louie di Film The Jungle Book

Selasa, 09 Juli 2024 - 08:28 WIB
Gigantopithecus, kera raksasa purba yang pernah menghuni Asia Tenggara, memiliki tinggi lebih dari 3 meter dan berat melebihi 544 kilogram. Foto: ist
KALIMANTAN TIMUR - Orangutan raksasa setinggi rumah bikin gempar warganet di media sosial. Faktanya, nenek moyang orangutan pernah sangat besar hingga menjadi inspirasi di film Jungle Book.

Viral di media sosial seekor primata raksasa setinggi atap rumah. Videonya sudah diunggah oleh berbagai akun di media sosial. Termasuk akun Instagram @respons_id.

Tayangan berdurasi 31 detik tersebut memperlihatkan penampakan dari seekor orangutan yang memiliki ukuran hampir setinggi rumah warga di Kalimantan Timur. Dilihat bantalan pipi yang lebar, orangutan itu terlihat sudah berumur.





Banyak warganet heran mengapa orangutan tersebut sangat besar. Sebab, normalnya ukuran orangutan dewasa hanya memiliki tinggi 1,3 meter dan berat 130 kilogram.

Kera Raksasa Purba Gigantopithecus

Gigantopithecus adalah kera raksasa purba yang pernah menghuni Asia Tenggara, memiliki tinggi lebih dari 3 meter dan berat melebihi 544 kilogram.

Fosil-fosil yang ditemukan menunjukkan bahwa Gigantopithecus hidup di daerah hutan dan kepunahannya kemungkinan besar disebabkan oleh perubahan iklim yang mengubah hutan menjadi sabana, sehingga mengurangi pasokan makanan mereka.

Karakter King Louie dalam film Disney "The Jungle Book" terinspirasi oleh Gigantopithecus. Hal ini karena orangutan, yang menjadi dasar karakter King Louie, tidak berasal dari India, sedangkan Gigantopithecus pernah hidup di sana.

Misteri Bigfoot dan Kepunahan Gigantopithecus

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More