Habitat Orangutan di Indonesia: Sumatera vs Kalimantan, Mana yang Lebih Luas?

Rabu, 10 Juli 2024 - 21:29 WIB
Teruntuk spesies orangutan kalimantan, mereka juga terdiri dari tiga subspecies berbeda. Masing-masing adalah Pongo pygmaeus pygmaeus yang berada di bagian utara Sungai Kapuas sampai ke timur laut Sarawak, Pongo pygmaeus wurmbii di selatan Sungai Kapuas hingga bagian barat Sungai Barito, serta Pongo pygmaeus morio dari Sabah sampai ke selatan mencapai Sungai Mahakam di Kalimantan Timur.

Namun, populasi orangutan dalam perkembangannya justru dilaporkan menurun drastis. Berdasarkan analisis PHVA (Population Habitat Viability Analysis) tahun 2016, diperkirakan terdapat 71.820 individu orangutan di Pulau Sumatera dan Kalimantan yang tersebar pada 52 metapopulasi di kawasan seluas 18.169.200 hektar.



Penurunan tajam populasi orangutan di Indonesia disebabkan berbagai faktor berbeda. Namun, salah satu yang utama adalah kehilangan habitat hutan.

Kebutuhan global yang terus meningkat berdampak pada industri agrikultur, pertambangan, dan perkayuan. Hal-hal demikian membuat hutan tempat tinggal orangutan jadi sasaran. Ditambah lagi, pembangunan kota yang terus berkembang, karhutla musiman, dan dampak negatif perubahan iklim turut berkontribusi terhadap hilangnya hampir separuh hutan-hutan Indonesia sejak 1950-an.

Tanpa adanya tempat berlindung, orangutan bahkan lebih rentan menyebabkan konflik dengan manusia. Parahnya lagi, di banyak kesempatan bayi orangutan ditangkap untuk kepentingan perdagangan satwa eksotis.

Demikianlah ulasan mengenai persebaran orangutan di wilayah Indonesia yangbisadiketahui.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More