4 Kapal Selam AS Tercanggih, Semuanya Dibekali Peluru Kendali Bertenaga Nuklir

Rabu, 14 Agustus 2024 - 12:34 WIB
SSN kelas Los Angeles bertenaga nuklir membawa rudal jelajah serangan darat (LACM) Tomahawk dan torpedo MK-48. Kapal ini dibentuk tidak hanya untuk peperangan anti-kapal selam, tetapi juga mampu memasukkan Pasukan Khusus dan memasang ranjau.

Los Angeles dianggap sebagai tulang punggung armada kapal selam AS dengan 34 unit yang kini bertugas. Beberapa kapal selam dari kelas ini diantaranya seperti USS Providence dan USS San Juan.

3. Kelas Seawolf

Angkatan Laut AS juga memiliki tiga kapal kelas Seawolf, yang berbasis di Bangor Trident Base di negara bagian Washington. Kapal selam kelas ini dikenal lebih cepat dan lebih senyap ketimbang kelas Los Angeles.

Kemampuan siluman kapal ini juga membuatnya cocok untuk dimasukkannya Pasukan Khusus. Meskipun tidak memiliki kemampuan peluncuran vertikal, kapal selam ini tetap dapat menembakkan rudal Tomahawk melalui tabung torpedo-nya.



4. Kelas Virginia

Kelas Virginia , yang dirancang oleh Electric Boat Corporation of Connecticut, mewakili generasi berikutnya dari kapal selam serangan nuklir AS dan alternatif yang lebih hemat biaya dibandingkan kelas Seawolf.

Dengan 22 kapal yang sudah ditugaskan, kelas Virginia akan mengambil alih peran operasi kelas Los Angeles. Kapal selam ini mampu beroperasi secara efektif di perairan pesisir, terutama karena sistem kendali “fly-by-wire”, memberikannya keunggulan dibandingkan kelas Los Angeles.

Selain itu, tidak seperti kelas Seawolf , kelas Virginia memiliki tabung peluncuran vertikal untuk menembakkan rudal serangandaratTomahawk.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More