Malangnya Nikola Tesla, 5 Penemuannya Diklaim Orang Lain

Senin, 02 September 2024 - 16:07 WIB
Nikola Tesla memiliki banyak karya yang bermanfaat bagi umat manusia. Foto/Medium
JAKARTA - Nama Nikola Tesla tidak sepopuler penemu lainnya. Padahal karyanya mencapai ratusan, namun diklaim orang lain.

Pria kelahiran 1856 ini sebenarnya sangat berbakat karena ia dikenal sebagai fisikawan, ilmuwan sekaligus teknisi mekanik dan listrik. Produktivitasnya tinggi bahkan sudah mematenkam 30 karyanya dalam setahun, antara lain remote control, radio hingga motor listrik.

Sayangnya, sebagian karyanya diklaim orang lain seperti Thomas Alva Edison. Tesla memang pernah bekerja sama denganEdison di kota New York. Di titik inilah karyanya kerap diakui orang lain sehingga membuatnya bangkrut.



Melansir berbagai sumber, Senin (2/9/2024) berikut penemuan Nikola Tesla yang diklaim oleh orang lain :

1. Radio



Tesla pernah mengembangkan sistem komunikasi nirkabel dasar dan mengajukan paten pada 1897 setelah mendemonstrasikan transmisi radio pada 1893. Namun, publik mengenal penemu radio justru Guglielmo Marconi.

Penemuan Tesla tadi menjadirevolusi komunikasi berupa transmisi suara dan musik secara nirkabel sekaligus jalan bagi perkembangan teknologi komunikasi modern seperti televisi, telepon seluler, dan internet.

Marconi sering dianggap sebagai penemu radio karena berhasil mengirimkan sinyal radio melintasi Samudra Atlantik pada 1901 dan dianugerahi Hadiah Nobel Fisika pada 1909. Namun, Mahkamah Agung AS membatalkan beberapa paten Marconi pada 1943, karena mengakui kontribusi Tesla yang lebih awal.



2. Sinar-X

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More