Dasar Bumi Purba Ditemukan di dalam Laut Terdalam

Senin, 30 September 2024 - 09:26 WIB
Subduksi terjadi ketika satu lempeng tektonik meluncur di bawah lempeng lainnya dan material permukaan didaur ulang kembali ke dalam mantel Bumi.

Petunjuk subduksi ditemukan oleh ahli geologi setelah memeriksa sampel batuan dan sedimen yang ditemukan di permukaan bumi.

Namun, Wang menggunakan gelombang seismik untuk melihat ke dasar laut.

Para ilmuwan, dengan mengamati gelombang seismik yang bergerak melalui berbagai lapisan planet, mampu membuat peta rinci struktur di dalam mantel.

"Anda dapat menganggap pencitraan seismik sebagai sesuatu yang mirip dengan pemindaian CT. Pada dasarnya, pencitraan seismik memungkinkan kita untuk melihat bagian dalam planet kita secara melintang," kata Wang.

"Biasanya, lempengan material samudra ditelan Bumi sepenuhnya, tanpa meninggalkan jejak yang terlihat di permukaan. Namun, melihat lempengan subduksi kuno melalui perspektif ini memberi kami wawasan baru tentang hubungan antara struktur Bumi yang sangat dalam dan geologi permukaan, yang sebelumnya tidak jelas," tambahnya.

Saat mengamati dasar laut, para ilmuwan menemukan bahwa material tersebut bergerak melalui bagian dalam Bumi jauh lebih lambat daripada yang diyakini sebelumnya.

Wang mengatakan bahwa ketebalan area tersebut mengisyaratkan keberadaan material yang lebih dingin di zona transisi mantel dan bahwa beberapa lempeng samudra mungkin tersangkut saat tenggelam melalui mantel.

"Kami menemukan bahwa di wilayah ini, material tenggelam sekitar setengah dari kecepatan yang kami perkirakan, yang menunjukkan bahwa zona transisi mantel dapat bertindak seperti penghalang dan memperlambat pergerakan material melalui Bumi," kata Wang.

"Penemuan kami membuka pertanyaan baru tentang bagaimana Bumi bagian dalam memengaruhi apa yang kita lihat di permukaan, melintasi jarak dan rentang waktu yang sangat jauh," tambahnya.