Ilmuwan Belajar Cara Jitu Memperlambat Penuaan Manusia dari Cacing

Rabu, 02 Oktober 2024 - 12:00 WIB
Dr. Sturm dan Dr. Vellai sebelumnya telah merilis makalah di mana mereka membahas proses yang terjadi pada sel punca kanker, jalur tersebut, dan bagaimana hal itu dapat membantu konsep 'keabadian'.

Sekarang, mereka telah membawa penelitian mereka ke tingkat berikutnya.

Dalam studi tersebut, tim berusaha untuk memperkuat jalur pada cacing dengan menggunakan teknik untuk 'menurunkan regulasi' aktivitas TE.

Yang luar biasa, hasilnya menunjukkan bahwa cacing tersebut sebenarnya menua lebih lambat dari sebelumnya.

Ketika para peneliti mengendalikan beberapa TE secara bersamaan, efeknya berlipat ganda untuk meningkatkan umur cacing hingga 30%.

Mengomentari temuan tersebut, Dr. Sturm berkata: "Dalam (eksperimen) rentang hidup kami, hanya dengan menurunkan regulasi TE atau mengekspresikan elemen jalur Piwi-piRNA secara somatik, kami mengamati keuntungan rentang hidup yang signifikan secara statistik.

"Ini membuka pintu bagi segudang aplikasi potensial di dunia kedokteran dan biologi."

Studi ini dapat membantu menginformasikan ilmuwan tentang cara-cara untuk memperpanjang hidup dan meningkatkan kesehatan manusia di usia senja.

“Modifikasi epigenetik ini dapat membuka jalan bagi metode untuk menentukan usia dari DNA, menyediakan jam biologis yang akurat,” ujar Dr. Vellai.