Ruang Angkasa Punya 24 Planet yang Lebih Ramah untuk Manusia Dibanding Bumi

Sabtu, 10 Oktober 2020 - 15:45 WIB
Dari 24 objek itu, sembilan mengorbit di sekitar tipe bintang yang tepat, 16 berada dalam rentang usia yang tepat, dan lima berada dalam rentang suhu yang tepat. Hanya satu kandidat, KOI 5715,01, yang berada dalam kisaran yang tepat untuk ketiga kategori tersebut, tetapi suhu permukaan planet yang sebenarnya bergantung pada kekuatan efek rumah kaca di atmosfernya, tulis para peneliti.

Sebanyak 24 planet yang mungkin bisa dihuni semuanya berjarak lebih dari 100 tahun cahaya. Beberapa mungkin terlalu jauh untuk dipelajari saat ini bahkan dengan teleskop terkuat sekalipun.

Kepler-69c, misalnya, berjarak lebih dari 2.000 tahun cahaya. Artinya para astronom mungkin tidak dapat memeriksanya lebih dekat untuk mencari tanda-tanda kehidupan dalam waktu dekat ini. Namun penting untuk menunjukkan dengan tepat apa yang membuat planet "dapat dihuni", tulis Schulze-Makuch dan rekan-rekannya.

Sebab ada kemungkinan salah satu planet ini akan ditemukan dalam 100 tahun cahaya. Jika demikian, tulis mereka, planet itu harus menjadi tempat pertama penduduk Bumi berpaling untuk mengetahui apakah ada kehidupan lain di alam semesta. (Baca juga: Samsung Galaxy M51 Siap Pre-Order di Indonesia Besok, Baterainya Raksasa! )