9 Penemuan Luar Angkasa Keren yang Mungkin Anda Lewatkan di Tahun 2020

Rabu, 06 Januari 2021 - 12:28 WIB

Peta warna palsu ini menunjukkan gelembung sinar-X yang baru ditemukan (kuning dan merah) yang menjulang di atas pusat galaksi. Foto: MPE/IKI

Jutaan tahun lalu, sebuah ledakan di pusat Bima Sakti meledakkan materi berenergi di atas dan di bawah piringan galaksi. Materi itu masih terlihat, bersinar dalam spektrum sinar gamma dalam dua gumpalan yang ditemukan pada tahun 2010, yang dikenal sebagai Gelembung Fermi.

Pada 2020, para peneliti menemukan sepasang gumpalan lain di wilayah yang sama, terlihat dalam spektrum sinar-X. Kemungkinan terkait dengan gelembung Fermi, fitur redup dan raksasa dari menara Bima Sakti di atas Gelembung Fermi 25.000 tahun cahaya, dengan lebar 45.000 tahun cahaya dari ujung ke ujung. Peneliti menamakannya "gelembung eROSITA".

3. Pendorong Roket yang Telah Lama Hilang

Animasi ini menunjukkan kecepatan orbit 2020 SO, yang ditangkap oleh gravitasi Bumi pada 8 November 2020. Keanehan luar angkasa akan hilang pada Maret 2021. Foto: NASA/JPL-Caltech

Bumi memperoleh "minimoon" baru pada 2020, salah satu dari beberapa objek yang ditemui planet di ruang angkasa dari waktu ke waktu yang berakhir di orbit di sekitar planet kita. Tetapi pemeriksaan lebih dekat oleh pengamat ruang angkasa amatir dan profesional mengungkapkan bahwa minimoon ini sama sekali bukan objek alami, melainkan pendorong roket yang diluncurkan NASA pada 1960-an.

4. Lingkaran Radio Hantu