Retakan Raksasa Lepas Gunung Es Berukuran 20 Kali Pulau Manhattan di Antartika

Minggu, 28 Februari 2021 - 13:16 WIB
Sebuah peta menunjukkan stasiun penelitian Halley VI dalam kaitannya dengan retakan retakan utara. Foto/Survei Antartika Inggris/Live Science

Rak Es Brunt adalah rumah bagi stasiun penelitian BAS Halley VI, tempat para ilmuwan mengamati cuaca atmosfer dan ruang angkasa. Stasiun tersebut kemungkinan tidak akan terpengaruh oleh pemisahan ini.

Pada 2016, BAS merelokasi stasiun 20 mil (32 km) ke pedalaman untuk menghindari dua retakan besar lainnya di lapisan es yang dikenal sebagai "Chasm 1" dan "Halloween Crack". Di mana keduanya belum melebar lebih jauh di 18 bulan terakhir.

Stasiun penelitian sekarang ditutup karena musim dingin, dan tim yang terdiri dari 12 orang meninggalkan Antartika pada awal Februari. Karena proses melahirkan gunung es yang tidak dapat diprediksi, dan sulitnya evakuasi selama musim dingin yang gelap dan dingin. Mereka telah bekerja di stasiun tersebut hanya selama musim panas Antartika dalam empat tahun terakhir.

Lebih dari selusin monitor GPS mengukur dan menyampaikan informasi tentang deformasi es pada rak kembali ke tim di Inggris setiap hari. Para peneliti juga menggunakan citra satelit dari Badan Antariksa Eropa, NASA, dan satelit Jerman TerraSAR-X untuk memantau es.

"Tugas kami sekarang adalah mengawasi situasi dan menilai setiap dampak potensial dari melahirkan gunung es saat ini di rak es yang tersisa," kata Simon Garrod, Direktur Operasi BAS.
(iqb)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More