Apakah Kecepatan Cahaya 'Star Trek' Dimungkinkan di Dunia Nyata?

Senin, 01 Maret 2021 - 08:00 WIB
Wormholes sering menjadi bagian dari percakapan seputar perjalanan luar angkasa melintasi alam semesta. Perjalanan melalui Wormholes sendiri akan sangat berbeda dengan menggunakan penggerak warp.

Sementara warp drive melibatkan pergerakan dengan kecepatan tertentu, wormhole merupakan struktur teoretis yang memungkinkan pesawat ruang angkasa melakukan perjalanan dari satu titik ke titik lainnya dengan melakukan tunneling melalui hyperspace. Secara efektif, mereka akan membiarkan kapal mengambil jalan pintas karena mereka secara teknis tetap terikat pada ruang-waktu normal.

Hasil samping positif dari ini ialah kapal luar angkasa dapat menghindari efek yang tidak diinginkan. Misalnya, pelebaran waktu dan reaksi terhadap percepatan besar-besaran pada tubuh manusia.

Apakah Warp Drive Dimungkinkan?

Pemahaman kita tentang fisika saat ini dan bagaimana perjalanan cahaya mengecualikan objek untuk mencapai kecepatan yang lebih besar dari kecepatan cahaya, tetapi tidak mengecualikan kemungkinan ruang itu sendiri bergerak pada atau di luar kecepatan itu. Faktanya, beberapa orang yang telah meneliti masalah ini mengklaim di alam semesta awal, ruang-waktu mengembang dengan kecepatan superluminal, meskipun hanya untuk interval yang sangat pendek.

Jika hipotesis ini terbukti benar, penggerak warp dapat memanfaatkan celah ini, meninggalkan masalah penggerak objek dan justru menugaskan ilmuwan dengan pertanyaan tentang bagaimana menghasilkan energi sangat besar yang dibutuhkan untuk memindahkan ruang-waktu.

Jika para ilmuwan mengambil pendekatan ini, penggerak warp dapat dianggap sebagai berikut: penggerak warp adalah yang menciptakan sejumlah besar energi yang mengontrak ruang-waktu di depan kapal luar angkasa, sekaligus memperluas ruang-waktu di bagian belakang, yang pada akhirnya menciptakan gelembung warp.

Hal ini akan menyebabkan ruang-waktu mengalir oleh gelembung —kapal tetap diam di area lokalnya saat warp melanjutkan ke tujuan baru pada perkembangan superluminal.

Pada akhir abad ke-20, ilmuwan Meksiko, Miguel Alcubierre, membuktikan bahwa warp drive, pada kenyataannya, konsisten dengan hukum yang mengatur alam semesta. Termotivasi oleh ketertarikannya pada penggerak plot revolusioner Gene Roddenberry, desain kapal luar angkasa Alcubierre —dikenal sebagai Alcubierre drive— menunggangi "gelombang" ruang-waktu, seperti peselancar menunggangi ombak di lautan.

Tantangan Warp Drive
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More