Apakah Kecepatan Cahaya 'Star Trek' Dimungkinkan di Dunia Nyata?

Senin, 01 Maret 2021 - 08:00 WIB
Terlepas dari bukti Alcubierre dan fakta bahwa tidak ada dalam pemahaman kita saat ini tentang fisika teoretis yang melarang penggerak warp dikembangkan, gagasan secara keseluruhan masih dalam ranah spekulasi. Teknologi kita saat ini belum cukup sampai di sana, dan meskipun orang-orang sedang mencari cara untuk mencapai prestasi luar biasa dalam perjalanan luar angkasa ini, ada banyak masalah yang masih harus diselesaikan.

Massa Negatif

Penciptaan dan pergerakan gelembung lungsin mengharuskan ruang di depannya musnah, sedangkan ruang di belakang perlu berkembang pesat. Ruang yang musnah ini disebut sebagai massa negatif atau energi negatif, jenis materi yang sangat teoretis yang belum "ditemukan".

Dengan demikian, tiga teori telah membawa kita lebih dekat ke realitas massa negatif. Misalnya, efek Casimir menjabarkan pengaturan di mana dua cermin paralel ditempatkan dalam ruang hampa. Ketika mereka digerakkan sangat dekat satu sama lain, tampaknya energi di antara mereka lebih rendah daripada energi di sekitar mereka, sehingga menciptakan energi negatif, meskipun hanya dalam jumlah yang sangat kecil.

Pada 2016, para ilmuwan di LIGO (Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory) membuktikan bahwa ruang-waktu dapat "melengkung" dan menekuk di hadapan medan gravitasi yang sangat besar. Dan pada 2018, para ilmuwan dari University of Rochester menggunakan laser untuk mendemonstrasikan kemungkinan lain penciptaan massa negatif.

Meskipun penemuan-penemuan ini membuat umat manusia semakin dekat dengan penggerak warp yang berfungsi, jumlah kecil massa negatif ini sangat jauh dari besarnya kepadatan energi negatif yang akan dibutuhkan untuk melakukan perjalanan 200 kali FTL (kecepatan yang dibutuhkan untuk mencapai bintang terdekat dalam jumlah waktu yang wajar).

Jumlah Energi

Dengan desain Alcubierre pada 1994 dan juga desain lainnya, tampaknya jumlah energi yang dibutuhkan untuk menciptakan perluasan dan penyusutan ruang-waktu yang diperlukan akan melebihi keluaran Matahari selama 10 miliar tahun umurnya. Namun penelitian lebih lanjut mampu menurunkan jumlah energi negatif yang dibutuhkan untuk planet raksasa gas, yang, meskipun perbaikannya, masih merupakan tantangan yang harus dihadapi.

Satu teori untuk memecahkan rintangan ini adalah dengan mengekstraksi sejumlah besar energi yang diciptakan dari pemusnahan materi-antimateri — ledakan partikel yang sama dengan muatan berlawanan — dan menggunakannya di "inti lengkungan" kapal.

Berpergian dengan Warp Drive
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More