Lapisan Atmosfer dan Fungsinya yang Sangat Vital Bagi Kehidupan

Selasa, 22 Februari 2022 - 16:38 WIB
Lapisan ini merupakan tempat terbangnya pesawat. Stratosfer juga mengandung ozon sehingga disebut juga disebut juga lapisan ozon. Lapisan ozon ini menyerap radiasi dari sinar ultraviolet.

3. Mesosfer

Mesosfer adalah lapisan ketiga dari atmosfer. Fungsi dari lapisan mesosfer, yaitu sebagai lapisan untuk memantulkan gelombang radio.

Biasanya, meteor atau benda asing dari ruang angkasa akan terbakar ataupun terkikis di lapisan mesosfer ini. Kebanyakan meteor akan terbakar pada lapisan ini. Selain itu, hanya pesawat bertenaga roket yang dapat mencapai mesosfer.



4. Termosfer

Lapisan ini mengandung partikel ion yang membantu untuk memantulkan gelombang radio. Temperatur pada lapisan ini meningkat dengan sangat drastis, yaitu sekitar 1.982° C.

Perubahan in akibat penyerapan sinar ultraviolet (UV). Radiasi UV ini menyebabkan reaksi kimia sehingga membentuk muatan listrik yang dikenal dengan ionosfer yang dapat memantulkan gelombang radio.

5. Ionosphere

Ionosphere merupakan bagian dari atmosfer yang terionisasi oleh radiasi matahari. Ionosfer merupakan lapisan atmosfer bumi pada ketinggian ratusan kilometer di atas permukaan laut.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More