4 Dampak Radiasi Nuklir Terhadap Tubuh Manusia

Sabtu, 12 Maret 2022 - 20:01 WIB
Radiasi nuklir juga dapat merusak sel-sel kulit di kepala yang bisa berakibat kerontokan pada rambut dan kebotakan permanen.



4. Kematian

Dampak radiasi nuklir ke tubuh manusia yang berikutnya adalah berisiko kematian pada manusia yang terpapar radiasi. Dilansir dari laman Center For Disease Control and Prevention, kematian akibat radiasi nuklir ini terjadi karena sel dalam tubuh telah rusak dan mengakibatkan tubuh tidak mampu lagi melawan infeksi dan penyakit.

Kematian juga bisa disebabkan karena sindrom radiasi akut. Sindrom radiasi akut ini terjadi ketika seseorang terkena tingkat radiasi yang sangat tinggi dalam waktu singkat. Sindrom radiasi akut ini terbagi menjadi 3, yaitu Sindrom Hematopoietik, Sindrom Gastrointestinal, dan Sindrom Neurovascular.



Sindrom Hematopoietik

Penderita akan mual dan muntah dalam beberapa jam, kemudian terjadi penurunan jumlah limfosit, penurunan trombosit, dan bisa berakhir dengan kematian dalam waktu 30 hari setelahnya.

Sindrom Gastrointestinal

Penderita akan mual dan muntah sekitar satu jam, kemudian terjadi penurunan kadar limfosit dan trombosit, setelah itu akan mengalami infeksi parah dan dehidrasi. Dan bisa menjadi kematian dalam 3-10 hari setelahnya.

Sindrom Neurovascular
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More