Menyayat Hati, Induk Gajah Tetap Membawa Jenazah Anaknya yang Mati Berminggu-minggu

Senin, 23 Mei 2022 - 22:25 WIB


Sebanyak 80% dari video merekam aktivitas gajah liar, 16% gajah penangkaran, dan 4% gajah semi-penangkaran (biasanya, gajah semi-penangkaran adalah hewan yang bekerja di industri kayu atau di taman wisata di Asia). Beberapa perilaku paling mencolok yang terlihat dalam video terjadi ketika seekor anak gajah mati.

Dalam 5 dari 12 video yang menunjukkan anak gajah yang sudah mati, seekor induk gajah betina dan kemungkinan besar ibunya, terlihat membawa jenazah anaknya tersebut. Berdasarkan keadaan dekomposisi mayat, ternyata perilaku menggendong ini berlangsung selama berhari-hari atau berminggu-minggu.

Dalam 10 kasus, gajah mencoba mengangkat, menyenggol, atau menggoyang tubuh, seolah-olah mencoba menghidupkan kembali temannya yang hilang. Dalam 22 kasus, mereka tampak berjaga-jaga di atas tubuh anggota keluarganya yang mati.

“Ikatan induk-anak/bayi pada gajah dan primata memiliki beberapa kesamaan yang mencolok karena keduanya mengasuh anak-anak mereka sampai menjadi cukup kuat untuk mencari makan dan membela diri. Oleh karena itu, ikatan jangka panjang antara ibu dan anak sapi/bayi ini berpotensi memotivasi ibu untuk merespons anak mereka yang sudah mati dan tidak responsif,” tulis para ilmuwan.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More